KENAPA BEKERJA DI GOOGLE MENARIK? ADA ALASAN KUAT MENURUT VICE PRESIDENT GOOGLE

KENAPA BEKERJA DI GOOGLE MENARIK? ADA ALASAN KUAT MENURUT VICE PRESIDENT GOOGLE

11 Jul 2018

GOOGLE memiliki banyak hal yang ditawarkan bagi pekerjanya, tawaran gratis yang dapat diambil ini disebut perks. Perks ini terdiri dari berbagai hal termasuk makanan gratis, jasa pijat gratis, dicukur gratis, hingga berbagai jaminan atau allowance menarik bagi pekerjanya yang membuat Google termasuk menjadi perusahaan yang paling diminati untuk tempat bekerja.
Apakah hanya perks? Tempat kerja lain seperti Netflix atau Amazon dan Facebook juga memiliki perks. Kenapa terkesan Google lebih menarik dan membanggakan?


Ada banyak jawaban mengenai kenapa Google menarik selain perks, gaji atau allowance. Seorang VP Google menjelaskan dalam penjelasanya 30 menit mengenai kenapa bekerja di Google menarik, penjelasanya perlu disimak dan mungkin bisa kita ringkas.
Prasad Setty adalah VP di Google untuk bagian Vice President People Operation (ABC) dimana ABC adalah holding dari Google, tentu orang yang tepat untuk dilihat poin utama kenapa Google menjadi tempat bekerja menarik.

Prasad Setty juga menjelaskan pengalaman pendiri Google mengenai kisah ayahnya. Larry Page pernah bercerita bahwa ayahnya bekerja di perusahaan otomotif dan setiap bekerja selalu membawa pentungan terbuat dari logam karena ayahnya takut akan ada ketidak sepakatan antara dirinya dengan pihak perusahaan tempat bekerja. Larry Page ingin agar Google tidak seperti tempat ayahnya bekerja.

1. Google memiliki konsep atau misi yang sangat tinggi dalam penugasan personel.

Seorang pekerja Google menyebutkan bahwa pengaruh Google sangat besar.

At Google, we do actually have the ability to make more of impact on people and more of change in one year than many people do in their entire life.

Konsep dan Misi yang dilakukan oleh Google sangat besar dan berlaku universal bak bagi pegawai Google maupun bagi object seperti anda dan saya yang menggunakan Google.
Google mengkoleksi, memilah dan menyampaikan data besar secara akurat hingga kemasalah sepele atau ke masalah yang sangat spesifik dengan (cukup) akurat jika bisa disebut tanpa salah.

Misi yang tinggi dan menantang ini membuat gengsi tersendiri bagi setiap orang yang mengerjakan tugas baik khusus atau spesifik bagi hal operasional di Google.


2. Pekerja Google harus bersuara sebagai Google dan ditindaki secara terbuka.

Prasad Setty menjelaskan bahwa pekerja Google harus merasa memiliki Google, pekerja Google harus bersuara sebagai Google.

We want our employees to feel and act like owners

Orang memiliki harapan terkait Google dan pekerja harus berusaha untuk memenuhi harapan user. Pekerja Google juga harus bersuara dan memberi feedback atau masukan bagi Google seolah karena rasa memiliki bahwa Google harus lebih baik.
Feedback dan tidakanyang diterapkan harus dikelola oleh pihak Google secara terbuka dan transparan, tidak ada rekayasa. Hal ini yang membuat Google sangat profesional dan memperlihatkan hasil yang bagus.

Sebagai contoh, Google dapat menampilkan pilahan data dari berbagai data yang banyak dari seluruh dunia dengan bagus karena tidak ada rekayasa dan terbuka. Google memberikan kriteria agar suatu posting atau website menjadi bagus di mata Google dan hasil tersebut terlihat jika anda menggunakan Google.

Jika anda memiliki perusahaan dan anda menerapkan konsep seperti Google maka anda akan sukses, atau anda ada pendapat lain mengenai apa yang membuat Google menarik?