KONSEP GRAVITASI RELATIVITAS EINSTEIN TEPAT DAN TERBUKTI -->

KONSEP GRAVITASI RELATIVITAS EINSTEIN TEPAT DAN TERBUKTI

5 Jul 2018

APA ITU GRAVITASI?
Menurut Einstein bahwa gravitasi tidak bertanggung jawab terhadap ketertarikan yang terjadi antara dua orang yang sedang jatuh cinta.
Lantas apa itu Gravitasi?
Mungkin Gravitasi adalah pihak yang dapat disalahkan jika ada barang terjatuh. Ada ide lain?

Anda sering mendengar cerita Apel yang jatuh daripohon karena tertarik oleh gravitasi? Cerita legendaris dan membuat pemahaman yang cukup bahwa suatu benda bisa tertarik benda lain (dalam kasus ini Apel tertarik oleh Planet Bumi sehingga Apel jatuh ke permukaan Bumi).

Apa itu Gravitasi?

Menurut Teori Gravitasi atau sering juga disebut sebagai General relativity (GR, general theory of relativity atau GTR ata Teori Gravitasi Umum) yang dicetuskan oleh Einstein disebutkan bahwa semua benda terlepas dari ukuran, massa dan komposisinya akan jatuh tertarik gravitasi dengan laju (percepatan) yang sama.
Dalam teori ini yang berpengaruh sangat besar terhadap kejatuhan atau laju tertarik benda oleh gravitasi adalah Riemann curvature tensor atau dapat diartikan sebagai kemampuan benda untuk bergerak dan jarak benda tersebut ke inti/lokasi penarik.
Dari teori Einstein tersebut, kejatuhan suatu benda karena tertarik oleh suatu tarikan gravitasi adalah karena lokasi atau arah lajunya.

Apakah benar?
Teori ini disebutkan pada tahun 1905. Sudah tentu anda tidak dapat bertanya dan berdebat dengan Einstein karena anda terlambat terlahirkan. Anda masih ingin bukti maka harus dibuat percobaan. Ada beberapa percobaan menarik yang bisa dianggap benar dalam membuktikan teori ini.

Percobaan Pertama.
Ekspedisi perjalanan manusia ke Bulan tercatat beberapa kali dan salah satunya adalah Apollo 15 membuat video menarik terkait pembuktian Gravitasi Umum.
Pada percobaan ini, Commander David Scott menjatuhkan palu dan bulu dari posisi yang sejajar dan dijatuhkan berbarengan. Einstein lolos, benar kedua benda tertarik sama kearah Bulan.

Percobaan Kedua.

Brian Cox adalah salah seorang ahli Fisika (Professor of particle physics in the School of Physics and Astronomy di University of Manchester). Professor ini melakukan percobaan sejenis dengan menjatuhkan bola Bowling dan bulu seperti Commander David Scott dari posisi yang sejajar dan dijatuhkan berbarengan di permukaan Planet Bumi.

Ini tantangan yang mahal juga karena percobaan dilakukan di lab khusus milik NASA dimana lab tersebut dapat membuat ruang vakum, mirip dibulan.
Hasilnya? Einstein lolos, benar kedua benda tertarik sama kearah permukaan Planet Bumi.

Hasil lain untuk menguji Teori Gravitasi Umum?

Pengamatan mahal lain dilakukan oleh National Science Foundation's (NSF) Green Bank Telescope (GBT) dimana ada tiga (3) Bintang yang unik dan diamati perilakunya.

Bintang ini disebut PSR J0337+1715 sekitar 4,200 tahun cahaya dari Planet Bumi dimana memiliki juga dua (2) bintang lain yaitu satu Neutron Star sekitar 1.6 hari orbit cahaya dan sepasang 2 bintang lain dengan jarak sekitar 327 hari orbit cahaya antar satu dan lainnya.

Dalam pengamatannya memang dari awal bermaksud untuk mencoba Teori Gravitasi Umum:
Einstein’s theory of gravity—the general theory of relativity1—is based on the universality of free fall, which specifies that all objects accelerate identically in an external gravitational field. In contrast to almost all alternative theories of gravity2, the strong equivalence principle of general relativity requires universality of free fall to apply even to bodies with strong self-gravity.

Hasilnya?
Einstein lolos, benar bahwa para Bintang di langit ini tertarik dan bergerak sama (berbeda tetapi sangat kecil perbedaanya), keduanya tertarik sama seperti bulu yang tertarik sama mendekati sumber gravitasi.
Berpa perbedaan laju yang terjadi? Sangat kecil, laju yang terjadi sekitar dalam fraksi sekitar satu juta dibagi 2.6 dibagi sejuta satuan laju pergerakan.
Jika perbedaan ini diukur dari kecepatan orang lari di olimpiade maka tidak terlihat, karena kemapuan alat ukur deteksi di olimpiade sekitar satu (1) satuan laju dibagi seribu (dalam kasus olimpiade sekitar dalam 1 per seribu detik).

Here we report that the accelerations of the pulsar and its nearby white-dwarf companion differ fractionally by no more than 2.6 × 10−6.

Untuk dibaca lebih lanjut disaat waktu luang sambil minum kopi maka anda perlu melihat paper lengkapnya di situs NATURE berjudul: Universality of free fall from the orbital motion of a pulsar in a stellar triple system.

Bagaimana mana menurut anda? Atau anda ada pendapat khusus terkait Teori Umum Gravitasi Einstein ini?