SATU TITIK PERUT BUMI TERKANDUNG SEKITAR 1 JUTA MILIAR TON INTAN

SATU TITIK PERUT BUMI TERKANDUNG SEKITAR 1 JUTA MILIAR TON INTAN

17 Jul 2018

INTAN salah satu pilihan sebagai tanda pengikat hubungan saat melamar atau menikah, intan dianggap kuat dan mampu bertahan lama atau selamanya. Intan bernilai tinggi hingga kisaran diatas 10 juta Rupiah untuk cincin manis kecil yang sudah jadi hingga harga yang sangat tinggi.

Harga intan ini bisa karena banyak hal, bisa karena penambangan dan pengolahan batu keras ini melibatkan perlatan dan kemampuan khusus sehingga mahal tetapi intan juga adalah batu mineral yang perputaran jumlahnya dikelola dengan sangat ketat.


Pengelolaan supplai dari mineral bernama intan ini yang membuat harga batu perhiasan ini menjadi barang yang stabil diburu untuk dimiliki, anda harus bertanya apakah benar intan adalah batuan yang langka dan layak diburu dengan harga mahal?

Peneliti dari Amerika menemukan bahwa ada banyak intan dan setidaknya ada sekitar 1 juta miliar ton batuan intan di dalam perut bumi.

Penelitian ini ditemukan secara tidak sengaja sewaktu meneliti gempa dan gunung berapi. Penelitian dilakukan dengan cara seismik dimana ada sumber suara yang dihasilkan dan kemudian ditangkap kembali pantulannya.

Dalam suatu pengamatan, didapat adanya hasil pantulan yang aneh dimana pantulan suara kembali dengan cepat.

Dengan data dan hasil perekaman seismik dibuat model 3 dimensi dengna berbagai asumsi dan kemudian dikoreksi kembali dengan hasil yang ada.

Setelah berbagai analisis dan pengamatan kembali, hasil tersebut hanya dapat disimpulkan bahwa suara seismik melewati batuan mengandung intan.

Paper: Multidisciplinary Constraints on the Abundance of Diamond and Eclogite in the Cratonic Lithosphere

..... We reviewed various geophysical and petrologic constraints on the nature of cratonic roots (seismic velocities, lithology/mineralogy, electrical conductivity, and gravity) and explored a range of permissible rock and mineral assemblages that can explain the high seismic velocities. 

These constraints suggest that diamond and eclogite are the most likely high‐Vs candidates to explain the observed velocities, but matching the high shear‐wave velocities requires either a large proportion of eclogite (>50 vol.%) or the presence of up to 3 vol.% diamond, with the exact values depending on peridotite and eclogite compositions and the geotherm.....

Jika anda cukup serius untuk mas kawin yang sangat mengesankan, tidak salahnya mempertimbangkan untuk menggali intan yang disebut dalam paper ini, setidaknya ada sekitar 1 Juta miliar ton yang dapat anda pakai sebagai mas kawin.

Sebelum anda mencoba menggalinya, paper ini menyebutkan bahwa intan kemungkinan pada lokasi sekitar 80 mil (atau sekitar 128 km) dibawah permukaan bumi.

Pertambangan intan saat ini juga sudah mulai mencapai titik hingga sekitar 100 miles (atau sekitar 160 km) dibawah permukaan bumi.


Ada kesempatan bagi anda jika anda serius dengan mas kawin anda, sedikit demi sedikit anda cangkul pasti bisa mencapai titik dimana intan berkumpul.

Kemungkinan lain adalah anda dapat menunggu agar intan ini teangkat ke permukaan tanah karena perut Bumi memiliki mekanisme tersebut. Berdasar ilmu Geologi, ada bagian alur patahan atau potongan dimana bagian dalam Bumi terutama intan terangkat ke permukaan. Alur ini disebut Kimberlite.

Untuk pilihan menunggu intan terangkat melalui kimberlite akan lebih serius karena perlu waktu, sebelum anda memutuskan menunggu Kimberlite mengangkat intan ada baiknya anda membaca paper lain, paper berjudul: How diamond-bearing kimberlites reach the surface of Earth: Acidification provides the thrust.