MANDI METEOR DI BULAN AGUSTUS, PERSEID METEOR SHOWER

MANDI METEOR DI BULAN AGUSTUS, PERSEID METEOR SHOWER

9 Agu 2018

MANDI METEOR tidak bisa anda ambil setiap pagi atau sore, kejadian ini langka hanya pada saat gerombolan meteor dari lintasannya mengelilingi Matahari bergerak dan mendekati Bumi. Saat gerombolan itu berbelok maka dari Bumi akan terlihat seperti hujan gerombolan meteor.


Kenapa ada hujan meteor?
Hujan meteor sebetulnya terjadi karena adanya segerombolan meteor yang bergerak berkumpul sewaktu mengelilingi orbitnya (terutama mengelilingi Matahari) dan mendekati bumi.

Kenapa Meteor Perseid menjadi hujan meteor?
Meteor Perseid pada awalnya hanyalah gerombolan kumpulan batu (atau mineral) yang mengikuti/tertarik gravitasi komet Taylor - Swift.

Kenapa Hujan Meteor Perseid saat ini menarik?
Karena meteor bergerombol bergerak disaat bulan sedang baru sehingga langit terlihat gelap dan meteor terlihat jelas bergerak.

NASA JPL:
The Perseids peak on a moonless summer night –from 4 p.m. on the 12th until 4 a.m. on the 13th EDT. Thanks to a new moon, the days before and after the peak will also provide nice, dark skies. The best time to look for shooting stars is from a few hours after twilight until dawn on the days surrounding the peak.

Antara tanggal 12 sampai dengan tanggal 13 Agustus 2018 ini maka pergerakan hujan meteor ini bisa disebut sebagai tanggal terbaik untuk diamati.



Anda tertarik melihat jumlah dan lintasan meteor ini secara 3 dimensi? Anda sebaiknya melihat situs Meteor Shower.