DARI MANA MANUSIA BERASAL? MENELUSURI DNA OLEH NATGEO

DARI MANA MANUSIA BERASAL? MENELUSURI DNA OLEH NATGEO

24 Sep 2018

MANUSIA mahluk yang berpikir darimana dia berasal, manusia juga memiliki kemampuan untuk mencoba memikirkan dan menelusuri alam semesta untuk mencari jawaban tersebut.

Bagaimana cara mencari atas jawaban tersebut? Meluncurkan Voyager, meluncurkan beberapa teleskop yang tajam melihat keluar angkasa mencarai jawaban tersebut. Manusia juga berjalan ke bulan dan akan mengunjungi Mars sebagai salah satu cara. Adakah cara lain?

Beberapa ahli kedokteran mencoba mencari jawaban dengan melihat tubuh kita sendiri, apakah ada pesan dan algoritma khusus untuk menjawab hal ini? DNA salah satu jawaban.

NatGeo atau National Geography mengambil ide tersebut dan meluncurkan suatu proyek dan dinamai sebagai The Genographic Project.



Dalam tubuh seorang manusia pada prinsipnya ada sebagian peninggalan dari ibu dan sebagian lainnya dari ayahnya, demiikan juga dari ibu dan ayahnya merujuk ke kakek dan neneknya, seterusnya bisa ditarik keasal-usulnya. Ide yang sederhana dan kuat.

Sebuah buku berjudul The Journey of Man: A Genetic Odyssey pada tahun 2002 oleh Spencer Wells membuat ringkasan terkait prediksi perjalan manusia. Proyek The Genographic Project juga pada prinsip awalnya untuk mengumpulkan dan menelusuri penyebaran gen manusia.

The Genographic Project dikawal oleh tiga organisasi yaitu: IBM, National Geography dan Waitt Foundation.

IBM cukup signifikan menjadi penyedia software dan penyimpanan data dari sample berbagai kontributor. Software IBM ini bisa melakukan analisis terhadap berbagai sample yang didapat dimana pengambilan sample terutama dilakukan di 11 lokasi dibawah pengawasan ahli setempat.

National Geography memiliki jaringan dan memiliki kemampuan untuk menyebarkan dan meminta sample bahan DNA sebagai bahan input bagi analisis penyebaran DNA.

Pada tahap awal, NatGeo berencana membuat analisis terhadap sejumlah sample yang terbatas. NatGeo awalnya membuat project ini untuk melakukan sample terhadap 100 ribu partisipan dan diselengarakan selama 5 tahun.

Setelah sample dikumpulkan dan dilakukan studi maka diputuskan untuk terus dikembangkan karena studi ini memberikan hasil yang menarik.

Dr. Ajay Royyuru seorang senior manager dari IBM Computational Biology Center di  menyebutkan bahwa software IBM bisa membawa kepada hasil yang tidak diteahui sebelumnya terkait riset pola perbedaan DNA manusia.

Apa hal besar yang dapat disimpulkan dari studi ini?
Manusia terindikasi pada akhirnya berujung dari satu DNA, lokasi dari asal mula DNA ini terindikasi berlokasi di Afrika.
Hal besar lain yang juga didapat dari studi ini menunjukan bahwa DNA manusia menyebar dimulai sekitar 60 ribu tahun lalu.



Jika saja project ini diperhatikan oleh setiap umat manusia, sebetulnya perbedaan bahasa, ritual dan lokasi manusia di muka bumi ini sebetulnya semuanya berkaitan erat dan bahkan saling terkait sebagai keluarga.