APA ITU BITCOIN ETF? APA PERBEDAAN PROSHARES, VANECK & SOLIDX KENAPA BANYAK ETF?

APA ITU BITCOIN ETF? APA PERBEDAAN PROSHARES, VANECK & SOLIDX KENAPA BANYAK ETF?

25 Okt 2018

ETF adalah Exchange Traded Fund, ETF ini pada prinsipnya adalah instrumen jual beli produk modal yang dikaitkan kepada produk khusus. Pertama baca pasti tidak terlalu faham jika pertama kali googling mencari arti makna ETF ini. Perlu penggambaran dan pemisalan lanjut.

Penggambaran apa itu ETF dapat dimisalkan dengan pasar ETF lain, saat ini ada banyak jenis ETF yang diperjual belikan. Salah satunya adalah ETF Emas.



ETF Emas ini pada prinsipnya dapat diperjual belikan seperti saham, pemilik ETF Emas juga menggambarkan hak kempemilikan porsi Emas sejumlah ETF yang dibeli/dimiliki. Jika harga emas naik maka harga lembar ETF yang dimiliki ikut naik, persis seperti harga saham. Demikian juga dengan Bitcoin ETF, lembar ETF yang dimiliki sesuai jumlahnya menggambarkan porsi Bitcoin yang dimilikinya.

Pemilik atau pembeli lembar ETF menggambarkan bahwa orang ini memiliki Bitcoin sesuai porsinya. Pembeli bisa banyak pihak terkait ETF yang digulirkan, seperti Mutual Fund yang membeli atau menjual lembar ETF (dalam kasus ini ETF seperti Stock).

Hanya saja seperti memiliki saham, orang pemilik saham tidak direpotkan dengan urusan perusahaan, akta perusahaan dan kunci kantor atau kunci gudang kantor tersebut. Orang pemilik saham adalah orang yang memiliki perusahaan tersebut dengan porsi yang dibelinya tanpa harus pusing mengurus detail apa yang ada di kantor tersebut.

Demikian juga ETF. Pemilik ETF pada Bitcoin menggambarkan bahwa dia memiliki Bitcoin tetapi tidak usah khawatir menyimpan Bitcoin dimana dan bertanya apakah hal tersebut aman atau tidak, pemilik Bitcoin ETF tidak usah khawatir dengan detail teknis Bitcoin yang dimilikinya. Cukup membawa kertas bukti kepemilikan ETF dan jika ingin menjualnya dapt dijual seperti saham.

Apakah bentuk fisiknya bisa diperiksa oleh pemilik ETF? Jawaban dari bentuk fisik ETF atas kepemilikan porsi ETF terkait dengan jenis ETF yang dibeli. Sifat dari ETF memang sangat khusus terkait fisik dari barang yang dijual belikan sebagai ETF.

Untuk Bitcoin, kedua jenis ETF yang saat ini diajukan (25 Oktober 2018) sedang digodok dan keputusannya akan diumumkan dengan segera.

Pada intinya perbedaan dari jenis ETF yang saat ini diajukan ada 2 yaitu:
  • Jenis - 1: harga atau nilai ETF yang diperjual belikan dikaitkan kepada sejumlah Bitcoin yang dijual belikan. Dalam kasus ini misal ada 1 ETF yang bernilai 25 BTC, maka untuk ETF jenis ini jika dibeli memang dikaitkan kepada sebanyak 25 Bitcoin yang disimpan disuatu tempat yang dijaminkan pelaksana ETF (misal dijaminkan oleh VanEck bahwa setiap 1 ETF memang ada 25 Bitcoin dalam pengelolaan VanEck yang dijaga ketat). 
  • Jenis - 2: harga atau nilai ETF yang diperjual belikan dikaitkan dengan nilai harga future dari Bitcoin yang sedang bergulir berjalan. Bisa disebutkan pada jual beli Bitcoin ETF tipe dua ini tidak langsung dikaitkan dengan fisik Bitcoin sewaktu transaksi berjalan, sebagaimana transaksi future pada umumnya. Jaminan atas tracking barang disaat future ditutup dilakukan oleh penyelenggara misal oleh ProShares.
Kembali lagi ke pertanyaan: apakah pemilik ETF bisa memeriksa porsi ETF yang diperjual belikan?

Jawabannya pendek:
tidak bisa.


Jawaban panjang:
Pemilik ETF bisa jadi membeli satu porsi atau sebagian porsi ETF, karena sifat ETF bisa dipecah dan ditambah kurangkan sesuai saham maka bentuk dari fisik porsi yang dimiliki tidak sepenuhnya dapat dilihat dan dapat disebut anda kuasai aset ETF tersebut secara fisik juga. Sama seperti saham, anda memiliki saham suatu perusahaan tidak berarti anda bisa menguasai satu ruangan atau sepotong aset mobil dari perusahaan tersebut.


Pertanyaan selanjutannya, kenapa banyak yang mengajukan Bitcoin ETF dan siapa saja? Pihak yang mengajukan Bitcoin ETF saat ini ada banyak karena tipe perusahaan tersebut membuat beda atas tipe ETF yang diajukan.

Yang paling akhir mengajukan adalah ProShares, VanEck dan SolidX. Ketiga perusahaan tersebut memiliki latar belakang berbeda dan mengajukan perbedaan jenis ETF beberapa diantaranya sama.






VanEck adalah perusahan investasi di New York dimana saat ini mengatur sekitar 46 Miliar USD dalam kegiatan investasi perusahaan tersebut.

SolidX adalah perusahaan penyedia jasa blockchain dan juga penyedia jasa finansial. Sedang salah satu pengusul ETF berikutnya yang meramaikan proposal ETF saat ini adalah ProShares. ProShares ini perusahaan yang dimiliki oleh Michael Sapir yang merupakan tokoh trading ETF terkenal di Amerika. ProShares adalah perusahaan yang bertindak seperti SolidX yang merupakan perusahaan pengatur modal (perusahaan investasi). ProShares mengelolas dana hingga sekitar 29 Miliar USD saat ini.

Dapat anda lihat bahwa pengaju Bitcoin ETF saat ini adalah perusahaan yang bonafide anda mantap sudah memiliki citra nama yang kuat didunia Fintech atau dunia investasi fund dan stock.

Mungkin ada pertanyaan lagi:

Apa itu Bitcoin?
Anda harus membaca posting pada link pertanyaan diatas.

Apakah memiliki ETF aman?
Sudah tentu melakukan investasi dalam bentuk apapun selalu beresiko. Tidak ada investasi yang dijamin pasti untung. Investasi bisa naik, bisa juga nilai investasi menjadi jauh lebih rendah, turun terjun bebas.



Bagaimana estimasi harga ETF?
Diperkirakan harga Bitcoin ETF akan lebih mahal dari harga Bitcoin.

Kenapa kemungkinan lebih mahal?
Karena resiko dari Bitcoin ETF ini juga tinggi maka tidak heran jika resiko tinggi maka harga juga tinggi.
Selain resiko, ada kemungkinan Exspense Ratio jika jual beli Bitcoin ETF juga akan lebih maha, tidak heran jika harganya jadi mahal (diperkirakan ER dari Bitcoin ETF akan diatas nilai 1% padahal jika anda trading langsung maka fee antara 0.2%, mungkin 0.5% atau sekitar dibahwa 1%). Sebagai catatan, Fee dari ER untuk ETF Emas sekitar angka 0.25% sampai dengan 0.40.

Bagaimana potensi Bitcoin sesudah ETF?
Susah mencari jawaban pasti, kemungkinan akan mendorong harga Bitcoin naik. Untuk posting terkait itu ada disini.

Jika disetujui, Bitcoin ETF akan diberi simbol sebagai XBTC.

Jika anda tertarik melihat lebih lanjut proposal yang diajukan oleh SolidX dan VanEck maka sebaiknya melihat situs SEC disini.






Disclaimer:
Deskripsi pada posting ini tidak bermaksud membuat atau mengajak anda berinvestasi dan mempertaruhkan harta yang anda miliki ke dunia cryptocurrencies. Melakukan investasi beresiko dan anda yang harus menanggungnya. 

Deskripsi ini hanya untuk edukasi, anda harus berhati-hati dengan penggunaan sumber daya anda (baik waktu, tenaga dan peralatan) bisa jadi yang anda dapt dibawah dari keuntungan sehingga anda tidak untung (malah rugi). 


Anda tertarik menguasai pasar ETF? 

Sebaiknya mulai menabung menyisihkan uang ongkos naik kereta komuter harian anda. Perlu semangat yang snagt tinggi karena ada jalan, ada probability.