Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

Breaking News:

latest

KENAPA BITCOIN ATAU CRYTOCURRENCIES MEMILIKI NILAI?

BITCOIN memiliki nilai tidak kecil, dulu Bitcoin memiliki nilai kecil dan sekarang memiliki nilai besar dan cenderung meningkat. Nilai Bitco...

BITCOIN memiliki nilai tidak kecil, dulu Bitcoin memiliki nilai kecil dan sekarang memiliki nilai besar dan cenderung meningkat. Nilai Bitcoin ini sangat dirasa tidak wajar karena jauh diatas nilai Rupiah untuk saat ini 1 Bitcoin sekitar 100 juta Rupiah (19 Oktober 2018).




Salah satu prediksi berdasar TA dapat anda baca disini.

Jawaban terbaik kenapa Bitcoin atau sesuatu memiliki nilai (atau value) karena apa yang dimiliki oleh hal tersebut sesuai dengan kebutuhan manusia pada saat tersebut.

Zaman dahulu kala sewaktu dinosaurus berjalan mondar mandir dan lebih takut akan api dan tombak tajam, maka tidak heran jika tombak dan alat pembuat api berharga mahal.

Anda juga harus mengetahui pada saat tertentu manusia melewati zaman batu, perkakas dan perangkat manusia hampir semuanya terbuat dari batu.

Tidak heran jika harga bagi batuan yang enak dipakai manusia akan sangat bernilai tinggi. Lantas kenapa sekarang manusia tidak menggunakan batu? Manusia saat ini meninggalkan zaman batu bukan karena batu habis, manusia meninggalkan zaman batu karena manusia menemukan cara yang lebih baik dengan meninggalkan batu.

Sewaktu orang Eropa pertama kali berkunjung ke daratan Amerika Selatan, penduduk disana menggunakan emas karena emas mudah dibentuk dengan panas yang rendah bukan karena untuk perhiasan. Orang Eropa sangat takjub karena emas berlimpah ruah dan tidak menjadi barang mewah. Emas bagi orang Eropa saat itu bernilai sangat tinggi, disaat sama bagi orang Indian setempat berbeda pandangannya terhadap emas.

Saat ini manusia modern memandang emas sebagai solusi terbaik bagi desain MicroChip ponsel dan desain terbaik bagi pelengkap keindahan barang mewah. Emas posisinya lebih tinggi karena waktu dan kesepakatan manusia terhadap emas.

Zaman dahulu tidak ada orang yang ingin menghargai Titanium atau Vanadium dengan harga mahal, karena keperluan orang meningkat maka nilainya meningkat.

1. Alasan pertama memiliki nilai karena teknologi dan kebutuhan.

Kenapa Emas memiliki harga sama dengan kenapa Bitcoin memiliki harga? Karena keduanya memiliki nilai teknologi dan dinilai cocok untuk kebutuhan penggunanya.

Emas dianggap cocok untuk kebutuhan conductor dan Bitcoin dianggap solusi terbaik untuk menyimpan nilai. Emas juga dianggap sebagai barang terbaik untuk menyimpan nilai. Dari persamaan ini bisa kita cari sebagai berikut:
  1. Desentralisasi, pemerintah tidak sepenuhnya bisa mengontrol emas (anda bawa 1 kg emas ke pasar gelap di Arab atau ke Amerika maka anda bisa tukar dengan cepat tanpa perlu prosedur resmi pemerintah); Demikian juga Bitcoin, bisa menjadi alat tukar dan anda bisa tukar Bitcoin dengan orang yang sepakat dengan anda harganya (bisa lebih rendah atau bisa lebih tinggi dari harga pasar dunia).
  2. Jumlah terbatas (emas dipercaya tidak dapat diproduksi Bumi dan tidak yakin akan ada meteor emas masuk ke Bumi di masa depan. Bitcoin jumlahnya terbatas, selalu turun jumlahnya saat ini dan akan berhenti di jumlah tertentu - sekitar 20 juta Bitcoin);
  3. Kontrol sama (anda simpan emas di lemari prinsipnya tidak ada orang yang tahu kecuali anda buka kunci dan foto selfie di Facebook, demikian juga dengan Bitcoin. Anda sembunyikan key anda, tidak ada yang tahu itu milik anda). 
Apa perbedaan?
Bitcoin tidak memiliki bentuk real, saat ini ada beberapa perusahaan yang berusaha membuat Bitcoin menjadi bentuk kertas seperti uang dan mendapat setting lebih aman dari Bitcoin digital.


Bitcoin atau Uang Kripto lainnya saat ini dapat juga dipegang dan dimiliki dalam bentuk kertas seperti juga uang kertas yang anda pegang.

Uang kertas Bitcoin ini secara umum lebih aman dari Bitcoin yang bentuk digital karena dibuat dengan sistem seperti Cold Wallet.

Cold Wallet adalah dompet tempat penyimpanan Bitcoin secara digital dan biasanya alamat rekening Bitcoin ini mendapat enkripsi terpisah tetapi bisa diverifikasi karena mendapat proteksi dengan chip tambahan. Tidak heran jika uang kertas ini lebih mahal dari harga pasaran.

Tangem adalah salah satu perusahaan yang berasal dari Swiss dan membuka gerai jual beli uangnya di Singapur.

Sistem yang Tangem miliki disebut dengan proteksi terbaik bahkan mereka klaim sebagai tamper-proof alias gak mungkin dibobol siapapun, bisa anda baca disini.

Orang membutuhkan alat penyimpan nilai yang ringkas tetapi aman, emas tidak ringkas dan tidak aman. Demikian juga uang pada prinsipnya jika anda pegang 10 juta USD kemanapun anda jalan maka tidak nyaman dan tidak enak.

Anda dapat membuka rekening Bitcoin dengan mudah, salah satunya dengan membuka seperti email pada situs Blockchain INFO.Jika anda memiliki ponsel, anda juga bisa mengunduh aplikasi bernama JAXX. Kedua pilihan tersebut bisa disebut handal dan rekomendasi dari kami karena kami juga menyukai dan memakai keduanya (cara membuat rekening dengan aman dibahas pada posting terpisah).

Bitcoin bisa disimpan di ponsel atau kertas selembar dengan cold wallet tetapi bebas belanja dimanapun tanpa terganggu ketentuan fiscal, pajak dan syarat perpindahan uang antar negara yang repot.

Selama orang sepakat untuk jual beli emas pada nilai tertentu maka bisnis jalan, demikian juga untuk Bitcoin, selama orang sepakat pada nilai yang cocok maka bisnis berdasar Bitcoin dengan teknologi dan nilai yang disepakati tetap bergulir.

Perbedaan lain terkait Bitcoin, emas dan uang pemerintah adalah aturan baik terkait pajak, dukungan dan jaminan. Bitcoin tidak dijamin oleh negara Indonesia saat ini, bahkan dianjurkan tidak dijadikan instrumen besar bagi finansial anda karena potensi resiko nilai tidak bisa dipegang.

Anda juga harus pertimbangkan bahwa jika pemerintah memutuskan untuk inflasi, dealuasi atau bail-out maka uang anda bisa turun harganya dan tidak berarti jaminan pemerintah sepenuhnya berguna.

2. Alasan kedua memiliki nilai karena dunia bisnis yang terkait Bitcoin sudah tumbuh

Anda bayangkan jika Rupiah tidak terkait bisnis apapun di negara atau di dunia ini, pasti anda bisa menebak bahwa Rupiah tidak akan ada nilainya.

Rupiah terkait berbagai bisnis, baik bisnis oil and gas atau bisnis properti antar negara. Rupiah dikaitkan dengan kegiatan bisnis dan semakin banyak bisnis yang dikaitkan maka semakin besar pengaruh dan nilai Rupiah. Demikian juga dengan Dollar USD, USD kuat karena hampir semua bisnis oil and gas dikaitkan (pegged) dengan USD.

Bitcoin juga demikian, dimulai tahun 2012 bisnis di dunia maya terkait Bitcoin banyak dari bisnis yang berbau haram dan bisnis yang miring kearah halal. Banyak situs yang menawarkan jasa atau barang jika ditukar dengan Bitcoin.

Saat ini untuk membeli tiket pesawat terbang, hotel dan barang hingga microsoft store untuk membali software bisa dibeli dengan Bitcoin.

Zug salah satu kota di Swiss menerapakan kebijakan bahwa pembayaran ke pihak Pemda dapat dilakukan dengan menggunakan Bitcoin.

Alasan kedua kenapa Bitcoin tumbuh karena fundamentalnya tumbuh, banyak bisnis di dunia internet saat ini berkembang tumbuh dikaitkan dengan Bitcoin dan uang cryptocurrencies lain.

Untuk contoh mudah, dunia iklan di internet banyak macam dan ragamnya. Salah satu pilihan jual beli iklan dalam Bitcoin saat ini volumeny besar. Bitcoin Ads adalah salah satu contoh yang menerapkan layanan ini, volumenya meningkat dan besar.

Secara menyeluruh, volume harian Bitcoin saat ini (Oktober 2018) pada angka sekitar 4 miliar USD hingga bisa mencapai 8 miliar USD. Volume harian Bitcoin bisa anda dapat lihat di situs Marekcap atau di situs Coincap.

Bitcoin saat ini berkembang tidak hanya dilirik trader kecil, institusi besar mulai masuk kesana terlihat dengan mulainya wall street menerapkan pasar Bitcoin di CBOE.

CBOE (The Chicago Board Options Exchange) adalah pasar trading yang sangat besar di USA, mungkin bisa disebut sebagai pasar trading (option exchange) terbesar di dunia saat ini dengan kontrak trading bisa hingga mencapai diatas trilyunan kontrak dalam satu tahun. Keuntungan CBOE di tahun 2017 sekitar 500 juta USD. CBOE saat ini juga menjadi psar future terbesar bagi Bitcoin dan sangat berpengaruh bagi naik turunnya harga Bitcoin.
 
Selain institusi trading, institusi besar juga mulai membolehkan Bitcoin sebagai pilihan dana investasi pensiun.

IRA atau Individual Retirement Account saat ini juga memperbolehkan anda untuk memilih Bitcoin sebagai pilihan. Anda bisa telusuri FAQ terkait investasi pensiun dalam bentuk Bitcoin disini.



Link: Apa itu Altcoins disini.

Link berikut adalah salah satu channel yang membahas Isu termasuk diskusi Technical Analysis Bitcoin dan Altcoin:

t.me/cryptolanders


Disclaimer:
Deskripsi pada posting ini tidak bermaksud membuat atau mengajak anda berinvestasi dan mempertaruhkan harta yang anda miliki ke dunia cryptocurrencies. Melakukan investasi beresiko dan anda yang harus menanggungnya.