NEGARA SELANJUTNYA KE BULAN ADALAH ISRAEL -->

NEGARA SELANJUTNYA KE BULAN ADALAH ISRAEL

24 Okt 2018

3 NEGARA berhasil menyentuh bulan selain Decepticon dan Kaum Prime dari Transformer. Negara keempat kemungkinan adalah Israel.



Foto wahana dari Israel yang akan berkunjung ke bulan diunggah oleh Yariv Bash yang merupakan seorang entrepreneur asli Israel. Yariv Bash menampilkan wahana tersebut di situs Facebook dan blog pribadinya.

Yariv Bash juga bergabung dengan Kfir Damari dan Yonatan Winetraub untuk memperebutkan hadiah dari Google Lunar XPrize.

SpaceIL adalah organisasi nirlaba yang dibuat mereka bertiga dan berhasil mengumpulkan dana sebesar 88 juta USD, dari uang tersebut sudah didaftarkan slot untuk menyewa Roket SpaceX Falcon 9.





Pencapaian ke bulan banyak menginspirasi orang dari dulu hingga sekarang, John F Kennedy menyebut misi ke bulan sebagai tantangan yang pantas dilakukan karena misi tersebut adalah misi yang sulit.

Lunar XPrize sebelumnya disponsori oleh Google sudah diumumkan dengan tidak ada pemenang pada tengat batas waktu di 2017 ditutup dan saat ini putaran baru sedang diincar berbagai pihak.

Saingan SpaceIL yaitu Lunar Scout dijadwalkan setelah awal 2019 dan Tim dari Jepang berencana melakukan peluncuran pada tahun 2020.



Wahana untuk diluncurkan ke bulan sedang dalam ujicoba akhir di fasilitas Israel Aerospace Industries (IAI). Wahana tersebut berdasar persyaratan desain, harus mendarat di bulan pada siang hari karena perbedaan temperatur dan peralatan yang dipasang disana.

Tantangan berikutnya, diharapakan generasi mendatang dapat membawa wahana tersebut kembali ke bumi dengan selamat, syaratnya bahwa misi ini harus berhasil terlebih dahulu.

SpaceIL kemungkinan akan meluncur lebih cepat di awal tahun 2019 menggunakan SpaceX. Kita tunggu kejutan tersebut sebagai semangat melakukan dengan lebih baik.