PERKENALAN APA ITU CRYPTOCURRENCY? APA ITU BITCOIN? APA ITU ALTCOINS?

PERKENALAN APA ITU CRYPTOCURRENCY? APA ITU BITCOIN? APA ITU ALTCOINS?

18 Okt 2018

APA ITU BITCOIN? Kenapa hal aneh tersebut bisa hadir dan kenapa memiliki harga tinggi? Kenapa ada Cryptocurrencies? Kenapa ternyata jenis Uang Kripto ini banyak?

Dalam posting ini akan dibuat berbagai cerita dan pemisalan agar lebih mudah ditangkap pembaca, sekiranya kurang jelas mohon hubungi email kami atau tinggalkan komentar anda.

Disclaimer:
Deskripsi pada posting ini tidak bermaksud membuat atau mengajak anda berinvestasi dan mempertaruhkan harta yang anda miliki ke dunia cryptocurrencies. Melakukan investasi beresiko dan anda yang harus menanggungnya.

Menarik jika kita cermati apa itu Bitcoin dari segi fungsi dan sejarah. Jika digambarkan secara secara fungsi umum, surat atau kartu pos adalah cara komunikasi zaman dahulu. Email adalah cara komunikasi zaman sekarang. Email pada prinsipnya seperti WhatsApp atau Telegram atau Dischord.

Dalam bahasa Indonesia sangat sulit untuk mencari padanan kata dari Cryptocurrencis, Altcoins atau Bitcoin atau saat ini sering disingkat secara umum dengan Crypto.

Mungkin untuk Cryptocurrencies atau Cryptocurrency bisa kita sebut sebagai Uang Kripto. Altcoins akan disebut dengan Altcoin atau Altcoins dan jenis dari uang digital tersebut berbagai macam seperti Bitcoin atau jenis lainnya seperti Ripple, Ethereum atau EtherZero. Kenapa berbeda nama dan fungsi akan kita coba bahas bertahap juga dalam posting terpisah.

Apa itu Altcoins?
Altcoins adalah jenis Uang Kripto yang persamaan matematika atau persamaan dasar dari programnya diambil dari Bitcoin dimana Bitcoin muncul pertama sebagai Uang Kripto dengan berbagai model Matematika dan programnya, mungkin bisa disebut pada prisinsipnya Altcoin adalah modifikasi program dari Bitcoin.

Seperti apa Bitcoin? Bitcoin sebetulnya adalah program yang mengidentifikasi jumlah yang ada, jumlah yang dipisahkan dan jumlah yang ditambahkan dimana cara verifikasi dari jumlah tersebut bisa dilakukan semua orang (jika memiliki alat atau komputer yang berisi program yang mengikuti alur transaksi Bitcoin).

Dengan pemisalan sejenis, Bitcoin memperlihatkan angka seperti ATM memperlihatkan suatu angka. ATM hanya bisa membaca bahasa dari Bank tertentu. Perbedaan lain, program atau alat ATM tidak dapat dibeli atau dipasang orang pada umumnya.

Berbeda dengan Bitcoin, jika komputer anda dipasang program yang sesuai maka dapat mengikuti atau membuka alur angka atau alur pergerakan transaksi Bitcoin yang terjadi saat ini atau sebelumnya.

Seperti transaksi di ATM atau di suatu warung dengan kartu ATM anda, pergerakan uang anda akan diverifikasi. Demikian juga Bitcoin, seperti Paypal atau Uang Kripto lainnya maka angka-angka yang ditampilkan seperti angka satuan uang atau nilai ini baik nilai USD pada Paypal anda atau nilai Yuan pada dompet Alipay anda bisa berubah nilainya terhadap satu dan lain.

1 USD atau 1 Euro akan berubah dari suatu waktu ke waktu lain terhadap satu mata uang ke mata uang lain sebagai contoh nilai USD atau EUR terhadap Rupiah, demikian juga harga 1 Bitcoin (atau disebut 1 BTC) nilainya selalu bergerak. Pergerakan harga ini karena fundamendal dan nilai bisnis yang terjadi karena dikaitkan dengan Euro, USD dan Bitcoin juga selalu berubah setiap saat.

Semua nilai uang ini bisa bertambah atau berkurang karena adanya transaksi, nilai uang ini juga bisa dikonversi baik dari 1 BTC ke USD atau ke EUR atau sebaliknya.

Pertukaran nilai atau pernambahan/pengurangan nilai dari uang digital seperti Bitcoin atau uang anda di ATM atau Paypal pada prinsipnya terjadi karena dalam bentuk digital dan memerlukan jaringan internet, demikian juga Bitcoin atau eMoney atau TapCash jika anda membayar Trans Jakarta atau Kereta Komuter, semua uang digital dapat digunakan dengan adanya koneksi atau akses internet.

Prinsipnya uang digital adalah uang yang hanya berupa angka di layar ponsel atau layar ATM. Terlepas dari satuannya (USD, EUR, IDR atau BTC) semua uang ini dapat berubah (konversi, tambah atau kurang) dengan bantuan jaringan internet.

Perubahan besar nilai dari setiap unit uang tersebut bisa menarik jika anda tertarik mengambil resiko investasi atau tertarik mengamankan nilai modal atau kekayaan anda (karena suatu mata uang tertentu lebih buruk terhadap inflasi atau lebih buruk karena fundamental bisnis pembentuknya tidak handal sehingga nilainya tergerus turun terus). Perubahan nilai atau kenapa mata uang digital Bitcoin ini memiliki harga akan dibahas pada posting lain.

Perbandingan singkatnya mirip demikian:

Sebelumnya Selanjutnya
Kartu Pos/Surat   Vs Email/WhatsApp/Telegram/Dischord
Uang (Fiat)   Vs eMoney/TapCash/Paypal/Bitcoin/Uang Kripto

Bagaimana perjalanan Bitcoin, mirip dengan perjalanan internet. Pada awalnya orang secara umum tidak mengenal dan tidak dapat menggunakan internet. Saat ini bisa disebut orang yang tidak kenal internet adalah orang aneh.

Saat ini orang merasa aneh dengan fenomena Uang Kripto dan terus berkembang karena banyak bisnis dan kegiatan harian semakin tertambat ke sistem Uang Kripto atau bisa disebut tertambat ke sistem Blockchain.

Lantas apa itu Crypto atau Kripto? Apa juga Blockchain? Kita coba bahas bertahap.

 

Di tahun 1994 orang lumrah jika bertanya tentang fasilitas baru ini.
Alison, what is internet?
What the heck is Email?

20 tahun kemudian tidak hanya sudah terbiasa dengan internet, malah teknologi mobil dan kulkas sudah terkoneksi ke internet. Orang yang sama sewaktu dulu bertanya apa itu internet bisa jadi saat ini sudah familiar menggunakan teknologi yang terintegrasi dengan internet pada jam tangan atau mobil.

 

Versi panjang dari pemisalan internet dan Bitcoin dari segi sejarah dan urutan waktu sangat menarik dan terlihat kuno jika kita telusuri balik.



Uang Kripto bisa disebut adalah uang terbaik bagi dunia dengan internet. Uang Kripto didesain untuk dunia dengan internet.

Uang Kripto adalah Masa Depan

Uang Kripto juga menuju kesana, seperti internet yang perlahan masuk, dikenal dan akan menguasai dunia karena lebih aman dan efisien, seperti itu juga Bitcoin dibanding uang yang kita kenal saat ini.

Apa itu Bitcoin? Apa itu Blockchain?

Dari segi sejarah Bitcoin lahir karena praktisi ekonomi sangat cemas dan kecewa dengan kejadian krisis finansial pada tahun 2008. 

Kenapa anda juga harus cemas dengan kinerja sistem ekonomi sekarang dan harus cemas dengan krisis? Sebagai gambaran bahwa anda berhak cemas bisa diambil dari pernyataan Jack Ma dalam wawancara di Davos.

Jack Ma menyebut bahwa pada krisis 2008 terjadi aset yang lenyap di Amerika sekitar 19.2 Trilion USD (atau sekitar 19.2 Trilyun dolar atau sekitar 19.2 trilyun dikali 15 ribu Rupiah saat ini, suatu angka yang besar), angka ini sebetulnya lebih besar jika dirembetkan ke negara lain seperti Eropa dan Asia. Tidak hanya itu, sekitar 34 juta posisi kerja terhapus di dunia.

Pada saat krisis terjadi, timbul berbagai diskusi terkait membuat sistem finansial (sebetulnya lebih kearah sistem yang membuktikan verifikasi yang terkait nilai atau suatu angka dan cara verifikasi harus aman, tidak bisa kena hack dan bisa disaksikan/dikaji ulang oleh berbagai pihak oleh publik secara umum, oleh anda, saya, ibu anda dan anak anda - jika mau).

Diskusi sejenis pernah dilakukan sebelumnya (misal diskusi dan aplikasi ecash pada tahun 1990-an), diusulkan agar verifikasi ini dilakukan dari suatu sumber (komputer) dan sumber atau komputer lain yang terkoneksi internet, pola review bertahap bertingkat seperti pemeriksaan peer to peer (pemeriksaan suatu titik oleh titik lain) dan dengan cara verifikasi bersama tetapi tidak menggunakan pola konfirmasi/verifikasi terbuka ke setiap sumber. Hanya suatu sumber mengirim ke suatu sumber lain dan tertutup.

Chaum published the idea of anonymous electronic money in a 1982 paper; eCash software on the user's local computer stored money in a digital format, cryptographically signed by a bank.

Secara umum pada tahun 2008-an juga pemakaian Linux dengan enkripsi bawaan dan tipe SHA 265 juga berkembang. 

Bisa disebut pada saat itu (hingga saat ini) pola enkripsi SHA 265 ini yang dipakai sebagai pilihan pada sistem Linux bisa disebut efisien dan terbaik.

SHA256 is a hashing function, not an encryption function. Secondly, since SHA256 is not an encryption function, it cannot be decrypted. What you mean is probably reversing it. In that case, SHA256 cannot be reversed because it's a one-way function.Dec 14, 2016 - Situs Stack Exchange.

Pada tahun 2008 sesudah krisis finansial 2008, seorang atau suatu pihak mengaku bernama Satoshi Nakamoto menawarkan ide sederhana dan briliant (tidak jelas siapa Satoshi Nakamoto hingga saat ini - Oktober 2018. Siapakah orang ini? Bisa jadi satu orang, dua orang, perempuan atau laki-laki atau sekelompok orang).

Pada prinsipnya ide Satoshi Nakamoto sederhana dengan mengusulkan bahwa data lama dan baru bisa diubah/dicatat/ditambahkan dilakukan enkripsi dengan tipe SHA 256 dan data dikirim dan dikaitkan dengan data sebelumnya.

Perubahan data ini bisa ditulis, ditambah atau diubah bisa kita sebut sebagai kegiatan transaksi. Transaksi ini akan dikaitkan ke transaksi sebelumnya dan dicatat sebagai transkasi baru. Dalam dunia Crypto penyebutan transkasi atau transaction bisa disingkat menjadi Tx.

Setiap perubahan transaksi atau Tx harus dicatat dalam satu file jika transaksi itu terjadi dalam setiap kelipatan 10 menit (kelipatan 10 menit ini disepakati para programmer sewaktu bahasa program Bitcoin akan diluncurkan - ada mailing list dan situs yang saat ini membahas Bitcoin dari awal hingga akhir, posting khusus diperlukan untuk mmbahas sejarah panjang ini).

Secara umum, jika anda melakukan transaksi saat ini dan dua menit kemudian melakukan transaksi lain maka transaksi anda yang pertama dan yang kedua akan dicatat dalam satu file. File ini disebut sebagai satu blok data.

Kemudian ada orang lain dan anda juga melakukan transaksi pada menit ke 22 berikutnya bersamaan dan teman anda yang lain melakukan transaksi 1 menit sesudah anda, maka semua Tx ini menjadi satu blok data atau satu blok file berikutnya. 

File blok yang baru ini dibuat dan dicatat, tetapi blok tersebut baru bisa dicatatkan jika asal usul angka dan identitasnya tidak berlawanan dengan informasi blok sebelumnya. Jika suatu dompet mengirim Bitcoin padahal sebelumnya tidak ada nilai didalamnya, maka identitas transaksi (atau Tx) ini akan ditolak dan ditinggalkan dan selamanya bernilai nol. Ini yang disebutkan sebagai verifikasi dan verifikasi ini dilakukan oleh komputer di berbagai belahan dunia, ini yang membuat Bitcoin susah di-hack

Peluang retas atau hack pada Bitcoin kecil, karena terkait kemampuan komputer (hashing power) yang harus tinggi mengalahkan komputasi komputer 1 dunia, mungkin bisa digambarkan seperti sama dengan kemampuan komputer kecil jadul untuk loading gambar game 3 dimensi zaman sekarang tapi data yang harus diangkat sebanyak data dari satu komputer seluruh dunia, maka komputer jadul tersebut akan kepayahan dan gagal.

Sistem verifikasi dan pencatatan terdistribusi dan bisa dilakukan publik ini yang membuat ide Satoshi Nakamoto jenius. Ide yang sebelumnya susah direalisasikan. Ide unik dan sederhana dari Satoshi Nakamoto adalah setiap transaksi diacak atau dilindungi enkripsi SHA karena murah dan handal tidak dapat diubah seenaknya dand dikunci oleh komputer seluruh dunia. Dalam pencatatan Tx ini, tidak bisa langsung dienkripsi dan disetujui, perlu konsensus satu dunia bahwa input benar, input sesuai data sebelumnya dan sesuai program yang disepakati.

Transaksi anda pada Bitcoin setiap saat akan diperiksa oleh komputer anda, tidak hanya itu, diperiksa juga oleh komputer orang lain (peer to peer) apakah data anda benar jika dilihat pada pencatatan file sebelumnya? Jika benar maka Tx anda mendapat konfirmasi. 

Jika anda ingin membantu pencatatan dan verifikasi ini maka bisa anda lakukan, anda membantu verifikasi yang dilakukan oleh orang lain.

Sewaktu suatu Tx disetujui menjadi Tx baru maka Tx pada blok file lama akan dijaga disimpan dengan enkripsi dan pencatatan Tx baru akan dilakukan jika valid terbukti data anda benar dan data baru dianggap benar juga.

Berbeda dengan transaksi di ATM atau Paypal, ATM dan Paypal secara sepihak akan membaca input anda dan akan mencatatkan bahwa data anda berubah. Pencatatan dan perubahan dilakukan dalam enkripsi yang rumit oleh bank (tidak mudah bagi anda meretas kegiatan yang ada di bank atau ATM). Bank hanya sepihak melakukan pencatatan atau perubahan, tidak dibuka kepihak lain, sebetulnya anda juga tidak mengetahui dan tidak persis dapat meneliti informasi itu secara bebas. 

Bisa jadi jika anda lihat buku tabungan anda, ada beberapa kesalahan catatan pembukuan bertambah dan kemudian dikurangi lagi atau sebaliknya, tetapi anda tidak mengetahui itu apa. Anda coba print buku tabungan anda dan bisa menemukan hal itu.

Berbeda dengan Bitcoin atau Uang Kripto, anda bisa melihat kemana dan berapa setiap hal terjadi. Setiap perubahan karena anda yang meminta, tidak seketika muncul.

Blok file lama dan blok file baru saling terkait, ide mengaitkan blok satu dan lain ini diusulkan oleh Satoshi Nakamoto.

Kaitan blok lama dan kaitan blok baru ini disebut sebagai rantai blok satu dan rantai blok lain, itulah yang dimaksud dengan blockchain.




Pada prinsipnya nilai transaksi yang dilakukan bisa bernilai 1 Bitcoin atau bisa bernilai 0.001 Bitcoin, atau bisa bernilai lebih besar dan bisa juga lebih kecil. Setiap transaksi ini dicatat beruntun dari file pertama hingga file yang terakhir yang dibuat setiap 10 menit.

Untuk mencoba tracking dan untuk mencoba melihat apa itu blok yang terkait satu dan lain (blockchain) dari Bitcoin dari waktu ke waktu maka anda dapat melihat situs ini: Blockchain Info.

Pada situs Blockchain, anda dapat membuat wallet (atau dompet tempat menyimpan Bitcoin) dan juga anda dapat memeriksa suatu blok atau block (1 dari deretan blockchain yang ada selama ini pada rantai data Bitcoin).

Jika anda periksa blok tersebut ada berbagai data transaksi terutama data mengenai berapa jumlah yang berpindah darimana dan kemana pada waktu kapan.

Anda juga dapat membuat dompet dan mengirim sejumlah Bitcoin kesana dan anda bisa periksa apakah sudah sampai atau belum. Setiap alamat dompet bisa anda periksa jika anda mengetahui alamatnya, ada berapa uang dan bagaimana pergerakannya.



Nilai 1 Bitcoin ini atau biasa disebut 1 BTC diperebutkan oleh orang karena sebagian orang percaya bahwa cara pencatatan ini memiliki value. 

Seperti juga value logam dari 1 ton pesawat dipercaya memiliki nilai lebih dari value 1 ton aluminium yang beronggok. Nilai tersebut naik turun berdasar kepercayaan, kesepakatan atau suatu fundamental.

Anda dapat membantu memastikan benar atau tidaknya apakah 1 Bitcoin atau suatu besaran Bitcoin yang berpindah karena dijual atau dibeli. Pencatatan dan verifikasi bisa dilakukan dengan 2 cara.

Cara pertama anda membuat komputer yang ikut menghitung rumus blok selanjutnya dan jika komputer anda cepat dan bisa menghitung blok berikutnya maka anda memiliki Bitcoin sesuai persentase perhitungan komputer anda. Perbuatan anda dalam menghitung rumus untuk menemukan blok selanjutnya (blok terbaru setiap 10 menit) disebut sebagai mining. Anda berburu Bitcoin, anda berburu menemukan Bitcoin pada blok terbaru bersaingan dengan semua orang di dunia. Rumusnya terbuka ke semua orang, tidak ada orang yang bisa membohongi karena rumus sama dan perhitungan dibuat, dicatat, disaksikan semua orang/komputer. Ini mirip menghubungkan dua atau tiga atau beberapa komputer dan dilombakan siapa yang paling cepat menghitung, tetapi sambil menghitung semua komputer yang terhubung juga mencatat dan memverifikasi pekerjaan orang lain.

Cara kedua anda dapat membuat node. Node ini pada prinsipnya adalah komputer yang mencatat dan membandingkan pencatatan sebelum dan perubaqhan yang terjadi kemudian. Bedanya pada cara kedua tidak ada reward/gaji/hadiah Bitcoin bagi anda dalam mencatatnya. Anda seolah kasir yang mencatat setiap hal yang masuk dan keluar tetapi tidak digaji.

Kedua cara diatas bisa dilakukan siapapun sehingga setiap kegiatan terdistribusi, setiap kegiatan tidak ada yang mengontrol, setiap kegiatan tidak terpusat. Karena tidak terpusat maka disebut decentralized.

Bitcoin pada prinsipnya sama dengan uang digital seperti TapCash, GoPay, Alipay, Ovo atau uang dengan angka pada Paypal.

Perubahan nilai Bitcoin mirip dengan perubahan nilai USD atau EUR atau IDR, siapa yang sepakat dengan angka tersebut maka Tx dapat dilakukan.

Kenapa Bitcoin atau Uang Kripto memiliki nilai tinggi? Ini adalah posting berikutnya dan dapat dibaca disini.

Apa prospek Bitcoin? Bisa anda baca disini.

Apa hukum Bitcoin menurut Islam? Anda bisa baca dalam posting ini.

Dimana menggunakan Bitcoin? Bisa anda baca disini.

Apakah dengan uangnya langsung berbentuk uang? Atau bentuk lain? Seperti apa bentuknya? 

Bisakah kita gunakan secara digital seperti Kartu Kredit? Jawabannya bisa, ini adalah posting berikutnya yang yang bisa baca terkait penggunaan Bitcoin atau Uang Digital.

Apa dan bagaimana perbandingan Bitcoin dengan mata Uang Kripto lain? Pembahasan akan cukup panjang dan perlu posting khusus terkait hal tersebut.

Jika penggunaan Uang Kripto semakin meningkat maka ini juga berarti bahwa manusia semakin tergantung dengan internet. Sama juga dengan pendapat beberapa dekade yang lalu. Manusia sangat susah lepas menggunakan listrik dan mobil pada saat teknologi ini baru lahir, saat ini manusia memang sangat terkait dengan penggunaan mobil dan listrik secara menyeluruh.

Petunjuk bahwa Bitcoin akan merambah kehidupan memiliki petunjuk kuat, saat ini Bitcoin semakin kokoh menjadi alat instrumentasi investasi dan bahkan sedang diajukan menjadi Bitcoin ETF (Exchange Traded Fund), lantas apa itu Bitcoin ETF? Anda harus baca pada posting ini.

Link berikut adalah salah satu channel yang membahas Isu termasuk diskusi Technical Analysis Bitcoin dan Altcoin:

t.me/cryptolanders


Bagaimana pendapat anda?
Anda sependapat bahwa Uang Kripto akan mendapat kedudukan seperti internet atau malah akan mati?