RUMAH YANG MENERAPKAN DESAIN TAHAN BENCANA ALAM

RUMAH YANG MENERAPKAN DESAIN TAHAN BENCANA ALAM

15 Okt 2018

RUMAH yang nyaman adalah rumah dambaan setiap orang, tetapi anda tahu rumah seperti apa yang pantas disebut rumah nyaman?

Jawaban orang akan berbeda-beda dengan standar dan definisi yang berbeda. Warren Buffet memiliki rumah yang tergolong tidak mewah jika dibanding dengan kekayaan yang dimilikinya, Bill Gates dan Mark Zukenberg juga berbeda lagi.

Orang tertentu yang berada di pesisir pantai mungkin memiliki definisi rumah nyaman adalah rumah yang juga selain enak untuk tidur juga aman jika ada bencana seperti Tsunami atau Hurricane (angin badai tropis).

Daerah pesisir pantai terutama di beberapa bagian pesisir Amerika bisa jadi merupakan daerah yang mendapat ancaman Tsunami atau ancaman Hurricane, dimana beberapa profile ancaman Hurricane mirip dengan Tsunami.

Pada kondisi Hurricane maka air akan naik dengan memiliki arus kencang karena ombak tinggi, angin kencang ini bisa jadi merobohkan bangunan atau pohon yang menjadi ancaman tersendiri juga. Tsunami juga mirip, pesisir pantai bisa dihantam air yang naik permukaannya bisa setinggi 20 meter dan kecepatan bergerak yang tinggi karena ombak pecah dan terdorong kearah darat.

Seperti apa agar rumah nyaman dan aman?

Seorang pemilik rumah di pesisir pantai di Amerika mengusulkan rumah nyaman tahan Hurricane dimana rumah tersebut terlihat berpanel kayu dan kaca lebar besar.


Hurricane Kategori 1 saja sudah cukup membuat masalah besar karena angin memiliki kecepatan sekitar 90 MPH atau sekitar 145 km/jam. Pohon pantai sudah sangat terganggun dan bisa jadi ranting dan daun menjadi masalah serius pagi rumah dan alur air.

Secara umum, Hurricane memiliki kategori 1 hingga kategori 5 (category 1 - category 5 hurricane).


Untuk Hurricane kategori 5 maka angin sudah sangat berbahaya dimana kecepatan laju bisa mencapai 160 MPH atau sekitar 258 km/jam. Kecepatan Formula 1.

Pohon bertumbangan, air terdorong ke darat dengan kecepatan tinggi dan mungkin rumah dengan desain standar tidak dapat bertahan untuk menghadapi angin seperti ini.

Sebagai contoh dari kekuatan angin badai tropis ini bisa anda lihat pada Hurricane Matthew yang menghantam Kepulauan Caribbean pada tahun 2016.



Anda masih tertarik mendesain rumah megah dan kuat di pinggir pantai?

Atau juga tertarik menggunakan Rumah menggunakan desain yang siap susun atau Pre-fab?