AMERIKA MENGATUR ARTIFICIAL INTELLIGENT, BAGAIMANA DI NEGARA KITA?

AMERIKA MENGATUR ARTIFICIAL INTELLIGENT, BAGAIMANA DI NEGARA KITA?

23 Nov 2018

ARTIFICIAL INTELLIGENT atau AI saat ini sangat menguasai kehidupan, baik anda sadari atau tidak sebenarnya anda sudah menggunakan AI atau bahkan anda adalah korban AI.

Jika anda menggunakan Google Map maka anda sudah menggunakan AI dan jika anda salah belok karena Map tidak membedakan anda menggunakan mobil dan motor maka anda korban AI. Jika anda menggunakan Facebook (FB) dan data penting termasuk masalah pribadi anda bocor atau menjadi bagian data marketing bagi FB maka anda juga korban AI.

Pemerintah Amerika menyadari bahwa AI dapat berbahaya dan berniat akan membatasi AI dalam kerangka yang aman bagi keperluan negara. Banyak praktisi menganggap hal ini terlambat karena AI sudah menggurita tetapi bagaimana dengan negara lain? Sepertinya malah jauh lebih terlambat dan belum menyadari hal ini.

Pemerintah Amerika mulai membatasi AI setidaknya untuk perdagangan jika terindikasi ada produk dagangan terutama terkait militer yang dijual dan menggunakan AI.



Barang atau produk yang terkait AI bisa saja yang berhubungan dengan computer vision, natural language processing, barang yang terkait dengan kemampuan adaptive camouflage, dan juga barang yang terkait kemampuan surveillance technology tidak bisa dijual bebas.

Beberapa negara seperti Cina dan Iran sudah tentu tidak dengan mudah membeli produk militer Amerika apalagi yang terkait teknologi baru dan sedang berkembang.

Di sisi lain, seperti yang anda ketahui bahwa Ai tidak sepenuhnya barang keras dan terlihat, bisa jadi AI hanyalah sebatas algoritma atau aturan dalam perangkat lunak. Membatasi penjualan barang yang tidak nyata akan sangat susah seperti juga anda membatasi pengetahuan orang akan Fisika atau program komputer.

Pengumuman resmi dapat anda baca dari situs pemerintah Amerika.
......
Administration Regulations (EAR),
including the Commerce Control List
(CCL). As controls on exports of
technology are a key component of the
effort to protect sensitive U.S.
technology, many sensitive technologies
are listed on the CCL, often consistent
with the lists maintained by the
multilateral export control regimes of
which the United States is a member.
Certain technologies, however, may not
yet be listed on the CCL or controlled
multilaterally because they are emerging
technologies.....