CHRISTINE LAGARDE, SAATNYA MEMBUAT UANG DIGITAL (BAGI INSTITUSI RESMI) -->

CHRISTINE LAGARDE, SAATNYA MEMBUAT UANG DIGITAL (BAGI INSTITUSI RESMI)

15 Nov 2018

CHRISTINE LAGARDE Gubernur IMF tiba-tiba meniupkan angin segar bagi Cryptoland pada acara Singapore Fintech Festival.

Berdasar pernyataan yang juga dapat diunduh di situs IMF, menyatakan pernyataan positif dan menarik terkait perubahan pemikiran institusi besar terkait uang digital atau uang kripto.


Sebelumnya Gubernur IMF ini sangat berniat agar uang kripto diperhatikan dan dikontrol (dikendalikan dengan aturan yang jelas). Gubernur IMF ini menyebut bahwa mengatur uang kripto adalah suatu keharusan.

Sebelumnya Gubernur IMF ini sangat berniat agar uang kripto diperhatikan dan dikontrol (dikendalikan dengan aturan yang jelas). Gubernur IMF ini menyebut bahwa mengatur uang kripto adalah suatu keharusan.
...Christine Lagarde, head of the International Monetary Fund, has stated that international regulatory action on cryptocurrencies is “inevitable.”......
Christine Lagarde juga mengindikasikan perlunya kontrol terhadap uang kripto agar dapat membatasi terorisme dan kejahatan keuangan seperti money laundry.

Dalam Festival di Singapura tersebut, Lagarde sangat positif bahkan menyatakan himbauan agar institusi resmi pemerintah mulai mempertimbangkan penggunaan uang digital ini.

...In this context, I would like to do three things this morning:
First, frame the issue in terms of the changing nature of money and the fintech revolution.
Second, evaluate the role for central banks in this new financial landscape—especially in providing digital currency.
Third, look at some downsides, and consider how they can be minimized......
Sangat menarik bahwa pernyataan agar menggunakan uang digital dianjurkan oleh IMF karena murah, handal dan bisa semi-anons (semi-anonymous) pada bagian lain.


Jika memang uang konvensional harus dibandingkan dengan uang kripto maka tidak dapat disejajarkan, dari segi inovasi uang digital jauh diatas uang yang saat ini dipakai.

Pernyataan Gubernur IMF dapat anda simak lebih lanjut di situs IMF.