CIMON KELUARAN IBM ASISTEN ASTRONOT DI LUAR ANGKASA

CIMON KELUARAN IBM ASISTEN ASTRONOT DI LUAR ANGKASA

28 Nov 2018

WATSON IBM sangat gencar dipasarkan oleh IBM dan semakin hari terlihat Watson ini membaik dan tambah pintar.

Juni 2018 untuk pertama kali astronot memiliki pembantu berupa robot, robot ini bernama Cimon dari IBM yang merupakan singkatan dari Crew Interaktif Mobile Companion. Cimon ditempatkan di ISS (International Space Station), jauh diatas awan. Robot ini sudah belajar banyak di bumi dari semenjak belajar mengenai benda dan mengenali ekspresi orang jika senang, marah atau cape.

Tugas dari robot ini sudah dijalankan dari memberi database terkait perbaikan dan rencana kerja eksperimen di luar angkasa.

Ada juga kemampuan Cimon yang berada jauh diatas kemampuan para astronot, Cimon dengan mudah mengetahui cara menyusun rubik.


Cimon adalah robot yang dilengkapi dengan Watson dan Watson sendiri adalah mesin yang berotak pintar dengan pengetahuan AI (Artificial Intelligent) yang selalu membaik dan bertahap belajar banyak sedikit demi sedikit.

Cimon dapat membantu komunikasi dan membantu astronot mencari database atau petunjuk pekerjaan tertentu termasuk juga terkait peralatan di ISS.

Cimon dapat bergerak bebas melayang di luar angkasa yang nyaris tanpa bobot sehingga dengan efisien lincah berjalan-jalan.

Jika saja anda pernah menonton film First Man yang bercerita tentang Neil Amstrong semenjak tes awal menjadi astronot, terbang keluar angkasa pertama dan misi ke bulan maka ada sisipan tayangan dimana semua data harus dicari oleh astronot secara manual.

Dalam suatu kejadian astronot lupa mematikan thruster dan hal tersebut berada dalam manual, untuk perjalanan ke luar angkasa di masa datang hal tersebut tidak efisien dan mungkin berbahaya. Solusi untuk mencari database kedepannya bisa disimpan di robot mungkin mirip dalam film Star Wars atau Star Trek dimana ada robot pembantu yang memiliki akses ke data-data penting.

Cimon memiliki AI sehingga dalam kasus tertentu bisa jadi Cimon dapat berpikir dan memberikan pilihan baru diluar manual peralatan mesin sehingga terkesan robot ini berpikir seperti manusia yang bisa berimprovisasi atau inovasi.


Bagaimana menurut anda? Menarik dan perlu satu untuk di dapur membantu masak?