JEZERO CRATER PILIHAN TERBARU NASA DI 2020 -->

JEZERO CRATER PILIHAN TERBARU NASA DI 2020

20 Nov 2018

NASA mengelurkan pengumuman baru dan jika anda tergolong anak Generasi X yang gaul pasti sudah mengetahui bahwa Jezero Crater keluar sebagai pilihan bagi pendaratan Rover NASA di tahun 2020.


Seperti tempat di Mars pada umumnya, kawah ini sangat sunyi sepi dan terkesan kering. Tapi jika anda cermati lebih lanjut maka anda bisa melihat bahwa kawah ini terlihat seperti bekas aliran ujung muara sungai (jika bertemu laut).

Rover baru akan diturunkan dipermukaan muara ini pada tahun 2020 dan perangkat dasar rover akan menjiplak bawaan Curiosity dimana saat ini Curiosity sedang mondar-mandir di Mars pada bagian area Gale.

Mirip dengan misi Curiosisy untuk mengenal Mars maka rover baru ini diharapkan akan memberi gambaran lebih jelas lagi seperti apa Mars dan akan mengambil contoh batu untuk dibawa ke Bumi kelak. Belum jelas bagaimana contoh batuan akan jalan balik ke Bumi tapi tentu saja akan sangat menarik.

Saat ini para ahli luar angkasa sedang penasaran dengan indikasi air atau es pada permukaan Mars, diharapkan bahwa wahana baru di Mars dapat menjawab indikasi ini.

Kenapa NASA memilih Jezero? Diperkirakan area kawah ini dapat bercerita banyak terkait Mars tempo dulu karena area ini terindikasi memiliki contoh batuan, kerikil dan juga terdapat indikasi pasir yang banyak.

Pengumuman ini baru saja dibuat dan masih hangat, mungkin anda banyak pertanyaan karena anda dapat mengarahkan teleskop kecil anda melihat-lihat area ini karena pasti tidak jelas.