KAPAL SELAM YANG HILANG 1 TAHUN DITEMUKAN KEMBALI, ARA SAN JUAN

KAPAL SELAM YANG HILANG 1 TAHUN DITEMUKAN KEMBALI, ARA SAN JUAN

20 Nov 2018

ARGENTINA setahun yang lalu kehilangan sebuah kapal selam bernama Ara The San Juan yang merupakan satu dari dua kapal selam yang termasuk tipe TR - 1700.


Kapal kelas TR-1700 (or Santa Cruz) ini dibuat di Jerman oleh Thyssen Nordseewerke dan selesai di tahun 1984 dimana pernah mengalami perbaikan pemeliharaan besar di tahun 2014.

Pada tahun 2017 kapal selam ini bertugas untuk patroli biasa di garis perairan ZEE (exclusive economic zone) di sekitar Selatan dari Samudra Atlantik. Tugas utama bagi kapal selam ini adalah menangkap illegal fishing yang sering terjadi di sekitar lautan ini.


Saat ini keputusan untuk mengangkat kapal laut masih belum diputuskan dan masih dalam pengamatan.

Kapal selam saat ini terdampar pada kedalaman sekitar 920 meter dengan jarak sekitar 375 mil atau sekitar 600 km kearah laut dari area darat.


Sewaktu kecelakaan, kapal selam ini membawa 44 orang kru yang bertugas dari militer Argentina dan hilang pada 15 November 2018. Ditemukannya kapal selam ini akan membantu menjawab pencarian penyebab dari kandasnya kapal selam ini.



Kapal selam ini dapat bertugas hingga menyelami kedalaman sekiatr 6000 meter dan membawa 120 cell batteries yang memang dapat memicu kebakaran. Sesaat sebelum terdampar dilaporkan terdengar ledakan. Ikut berduka dengan kejadian ini semoga teknologi batteries dan kapal selam semakin membaik.