KISAH PENSIUNAN SUKSES YANG SUSAH DIJIPLAK KEBERHASILANNYA, KEPLER -->

KISAH PENSIUNAN SUKSES YANG SUSAH DIJIPLAK KEBERHASILANNYA, KEPLER

5 Nov 2018

KEPLER bisa berarti dua. Kepler adalah nama sebutan bagi Johannes Kepler, seorang tokoh penting dalam revolusi ilmiah, astrofisikawan teoretikal pertama, adalah seorang astronom Jerman, matematikawan dan astrolog. Dia paling dikenal melalui hukum gerakan planetnya. Kepler juga menjawab pertanyaan jika anda seorang yang kesepian: Apakah kita memang sendiri (di alam semesta ini)? Jika anda memang merasa merana sebatang kara dan jomblo maka Kepler adalah wahana yang mencari jawaban bagi anda.



Bisa juga Kepler berarti Wahan Satelit yang bergerak diluar sana dan keduanya memberikan kontribusi besar bagi manusia dan ilmu pengetahuan.

Keduanya juga sudah pensiun. Johannes Kepler Lahir pada tanggal 27 Desember 1571 di Weil der Stadt, Jerman. Sedang Wahana Kepler sudah beroperasi sekitar 9 tahun dan pensiun baru-baru ini.



Wahana Kepler ini diluncurkan pertama kali pada Maret tahun 2009, tugas utama adalah mencari planet berukuran seperti Bumi. Cara dari Kepler bertugas sangat sederhana tetapi harus akurat detail.

Wahana Kepler ini akan menangkap berkurangnya tingkat pencahayaan bintang (Matahari) karena dilewati oleh suatu objek. Cara observasi demikian tidak dapat dilakukan di Bumi karena akan terpengaruh atmosfir. Kepler bisa berkerja 24 jam mengamati ribuan bintang dalam waktu bersamaan. Kepler juga menemukan indikasi ada peluang bahwa planet di Galaksi kita lebih banyak dari jumlah bintang di Galaksi Bimasakti. Mungkin ada miliaran planet yang mungkin untuk ditempati oleh manusia berdasar temuan Kepler ini.

Saat ini Kepler pensiun dan tidak bisa anda ikuti jejak keberhasilannya. Kepler dipensiunkan berjalan di luar angkasa karena kehabisan bahan bakar dan saat ini terdampar diruang angkasa tanpa teman tidak dapat berjalan hanya berputar sebisanya dari sisa energi listrik yang diterima dari panel surya.


Kepler beristirahat sekitar konstelasi Cygnus dan Lyra. Tidak cukup dekat untuk dikunjungi sewaktu weekend. Pada posisi ini Kepler masih bisa mengamati sekitar 100 ribu bintang pada jarak 300 tahun cahaya hingga 3000 tahun cahaya.

8 April 2009 setelah peluncuran yang berhasil diterima foto pertama dari Kepler yang merupakan kamera resolusi tercanggih pada masa itu, 1 foto sekitar 95 Megapiksel. Sejarah tersendiri.


Kepler menemukan sekitar 3826 planet yang berada di luar tata surya kita (exoplanets) dan memungkinkan dihidupi manusia. Planet tersebut belum tentu nyaman untuk ditinggali tetapi Kepler menemukan setidaknya dalam setiap 1 bintang ada 1 planet yang bersifat seperti Bumi.

Jika saja anda ngotot kangen Kepler, maka anda dapat melihat video peluncurannya, gambar, video dan berita diambil dari situs NASA.