KOTA MASA DEPAN NEOM SEKITAR 3 KALI NEW YORK AKAN GO GREEN

KOTA MASA DEPAN NEOM SEKITAR 3 KALI NEW YORK AKAN GO GREEN

16 Nov 2018

NEOM saat ini hampir tidak berarti apapun bagi setiap orang, keadaan ini sangat mungkin berubah dalam beberapa tahun kedepan.


Neom saat ini adalah kota kecil yang masih berupa padang pasir di pesisir pantai Laut Merah pinggiran Arab Saudi dan sedang dimulai proses sulap jangka panjang menjadi kota modern.


Apa yang membuat Neom pantas menjadi area yang cocok untuk dikembangkan oleh Arab dibanding tempat lain sekitar sana?
Neom memiliki pantai yang bisa disebut tidak terganggu oleh aktivitas manusia, sekitar 450 km bentangan pantai disana masih bersih dan indah;
Neom juga memiliki suhu yang lebih sejuk sekitar lebih rendah 10 derajat celcius dibanding tempat lain di Arab;
Neom memiliki area sekitar 35 kali luasan Singapur atau sekitar 3 kali luasan New York;
Neom cocok bagi pelabuhan laut dan udara dengan cuaca bersahabat cocok bagi wind turbine dan solar panel;



Apa yang dipersiapkan oleh Arab Saudi disana?
Neo disiapkan menjadi kota yang maju dan memiliki kelebihan di semua segi dibanding kota lain manapun di dunia, itu rencananya.

The land of the future, where the greatest minds and best talents are empowered to embody pioneering ideas and exceed boundaries in a world inspired by imagination.
Kota ini diharapkan menjadi kota yang menjadi pusat kemajuan teknologi modern baik dari segi pendidikan, layanan umum, olahraga, kesehatan, turisme dan hampir semua aspek lain termasuk bisnis dan penyediaan energi.

Sumber energi bagi kota ini akan dihasilkan dari panel matahari dan angin sedangkan sumber air akan menggunakan distilasi dari air laut karena area ini tergolong kering seperti gurun cantik di pinggir pantai. Konsep masa depan di berbagai bidang kemungkinan akan diterapkan di tempat ini pertama kali.

A commitment of $500 billion by the Public Investment Fund of Saudi Arabia and local and international investors.

Untuk pembangunan kota ini sudah disiapkan dana investasi sebesar 500 Miliar USD dari pihak investor lokal dan internasional. Kota ini siap dibuat menjadi kota terkemuka di dunia.

Projected total GDP of $100 billion by 2030

Perkiraan hanya dari kota ini saja akan menghasilkan GDP sekitar 100 Miliar USD di tahun 2030. Jika dibandingkan dengan GDP Malaysia pada tahun 2017 sekitar 314 miliar USD dan GDP  Indonesia di tahun 2017 sekitar 1000 miliar USD maka untuk 1 kota dengan target 100 miliar USD adalah jumlah yang sangat besar.