LADAKH TEMPAT TERBAIK MELIHAT BINTANG DAN BIMA SAKTI

LADAKH TEMPAT TERBAIK MELIHAT BINTANG DAN BIMA SAKTI

22 Nov 2018

BIMA SAKTI adalah gugusan galaksi tempat Planet Bumi berada. Menurut astronomer, gugusan galaksi ini berisi taburan bintang yang terlihat membuat jalur putih seperti ceceran susu di angkasa dan karena itu juga sering disebut sebagai Milky Ways dalam bahasa Inggrisnya.


Untuk melihat jalur putih tersebut maka anda perlu langit yang bersih tidak tertutup awan, berudara bersih tidak sehingga cahaya dari langit terlihat jelas dan tidak terdistorsi atau blur menjadi kabur.

Lembang terdapat lokasi yang cocok bagi pengamatan bintang dan objek luar angkasa tetapi ada tempat lain yang bisa disebut terbaik, lokasinya di Ladakh di sekitar daerah bagian Utara dari India dan disebut sebagai Pusat Observasi Hanle.


Hanle terletak sekitar 2500 miles dari permukaan laut atau sekitar 4000 meter diatas laut, lokasi yang dingin dan tinggi.

Hanle memiliki kelebihan lain. Dalam setahun biasanya sekitar 255 hari adalah hari yang bersih dan jernih untuk melihat bintang. Daerah yang tinggi dan terletak di perbatasan daerah subtropis membuatnya jarang hujan tetapi jarang turun salju.

Daerah ini menjadi terbaik untuk melihat bintang juga karena tempat ini menjadi kombinasi atas kondisi yang tepat bagi teleskop dimana biasanya hampir tidak ada polusi, humiditas atau kelembaban yang rendah dan juga tingkat aerosol yang sangat rendah. Sangat bersahabat bagi pemantauan menggunakan teleskop.


Banyak pengunjung yang datang ke lokasi ini terutama di sekitar musim panas dimana temperatur lebih hangat dan nyaman bagi kebanyakan orang. Anda tetap harus ingat bahwa lokasi ini dataran tinggi sehingga anda jangan berharap tempat ini tergolong hangat dalam keadaan umum.

Lokasi ini cocok bagi anda yang ingin melihat keindahan alam dan untuk melihat betapa kecilnya manusia.