MELAKUKAN EDIT PADA GENETIK MANUSIA BERHASIL DILAKUKAN

MELAKUKAN EDIT PADA GENETIK MANUSIA BERHASIL DILAKUKAN

30 Nov 2018

THE HE LAB adalah channel Youtube yang berisi video terkait komentar atau hasil pekerjaan yang dilakukan oleh He Jiankui.


He Jiankui sendiri adalah seorang ilmuwan ahli genetik dan kedokteran yang baru saja mengumumkan kelahiran 2 orang bayi kembar yang telah mendapat perubahan genetik pada bayi tersebut karena kode genetik mereka berhasil di-edit.

Beberapa ilmuwan dengan riset genetik paling mutakhir merasa tidak bisa mempercayai pencapaian He Jiankui dan secara terang-terangan menyebut kemungkinan He Jiankui berbohong.

Ilmuwan lain merasa bahwa He Jiankui tidak sepenuhnya terbuka baik mengenai detail konsep dan mengenai detail kegiatan proyek yang juga sedang dilakukan kepada perempuan lain yang sudah mendapat edit genetik pada janinnya.

Dalam kegiatan konferensi di Hongkong terkait Edit Genetik, He Jiankui muncul dan mendapat banyak pertanyaan mengenai cara yang dilakukannya, para ilmuwan masih memiliki banyak pertanyaan dan yang paling menonjol adalah terkait etika. Bagaimana posisi etik manusia karena dilakukan edit pada genetik?


Pada konferensi terkait, He Jiankui menjelaskan proses edit genetik CCR5 gene editing pada tikus dan monyet, untuk kode edit pada manusia dilakukan menggunakan CRISPR–Cas9.

Edit genetik pada bayi kembar ini diterapkan terutama agar bayi terkait menjadi kebal terhadap serangan virus HIV. Satu bayi berhasil mendapat edit ini dan bayi satunya secara tidak sengaja masih memiliki genetik normal.

Kegiatan edit genetik virus ini mendapat kritik karena ditakutkan perubahan genetik virus ini bahkan bisa membuat varian virus baru seperti pada penyakit Tay–Sachs disease. Tay–Sachs disease diperkirakan hanya terjadi karena adanya edit genetik pada virus tersebut.

Apa yang anda pikirkan tentang edit genetik?

Alita:



Atau Renesme: