Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

Breaking News:

latest

PECINTA NINI ANTEH, LUNAR LOVE. CERITA ROMANTIS DAN RAKYAT TERKAIT BULAN.

NINI ANTEH menjadi cerita Sunda yang terkait khusus ke objek luar angkasa bernama Bulan. Tidak banyak cerita rakyat yang terkait dengan obj...

NINI ANTEH menjadi cerita Sunda yang terkait khusus ke objek luar angkasa bernama Bulan. Tidak banyak cerita rakyat yang terkait dengan objek luar angkasa.

Berbeda dengan kisah cerita di tempat lain. Lunar berasal dari kata Luna dan kata Luna ini berkaitan dengan sebutan bagi dewa di mitologi Yunani dan Roma (Dewi ini disebut Selene atau Luna). Orang - orang yang jatuh cinta sering diceritakan diculik oleh Dewi ini. Perbuatan yang kejam dan beda dengan yang diperbuat Nini Anteh, masih beradab Nini Anteh.

Cina berbeda lagi. Chang'e adalah nama seorang perempuan yang tingal di Bulan. Menurut salah satu kisah rakyat Cina, awalnya Chang'e bersama suaminya merupakan mahluk yang dapat hidup kekal tetapi karena perbuatan mereka yang jelek maka menjadi mortal (dapat mati). Suatu ketika Chang'e mendapat kesempatan untuk kekal jika memakan 1 pil ajaib, karena terlalu rakus maka Chang'e memakan banyak hingga menggembung dan terbang terdampar ke Bulan. Chang'e dapat anda temukan di bulan sebagai nama wahana Cina.

Suku Maori juga mengaitkan seorang perempuan yang memiliki konflik dan kemudian diambil ke Bulan, tidak heran jika banyak cerita Bulan terkait perempuan, sudah dari zaman dulu.

Dalam cerita rakyat Cina juga ada Jade Rabbit atau Moon Rabbit atau Jade yang menjadi penunggu Bulan. Mahluk Jade Rabbit ini yang diperbolehkan menjadi teman Chang'e di Bulan hingga saat ini. Dalam kisah Sunda yang menemani perempuan bukan Kelinci tetapi Kucing bernama Chandramawat, Kucing Punk 3 warna.

Orang Alaska dan orang Greenland memiliki cerita yang tidak terlalu romantis, bahwa Bulan diberi nama Anningan (Dewa Bulan) sangat menyukai Dewi Matahari. Dewa Bulan ini selalu mengejar Dewi Matahari setiap kesempatan.

Dalam Agama Hindu Bulan terkait sebutan bagi Dewi Soma atau Chandra. Banyak legenda terkait Bulan dalam Agama Hindu.

Hal terkait bulan lain adalah seperti dalam cerita Wolverine gagal, atau dalam kisah di film Breaking Down juga dikaitkan bahwa kekuatan Werewolves sangat terkait kemunculan Bulan.

Sekolompok astronomer amatir di Ehime Prefecture terletak di Shikoku Island di Japan mencari serpihan romantis dari berbagai cerita cinta yang ada di berbagai muka bumi ini dan menemukan beberapa jejak romantis disana. Jejak ini hanya berupa tulisan L O V E yang secara alami dan dipaksa ditemukan diantara banyak goresan dan tanda lain.


Tanggal 15 November 2018 adalah posisi dimana Bulan bisa memperlihatkan citra jernih dan sepotong seperti pada gambar diatas, anda bisa mencobanya disela senggang sesudah Solat Tahajud.

Mungkin makna dari kegiatan para astronomer ini adalah, biarkan cerita rakyat dan cerita romantis di bulan seperti yang diceritakan. Atau bermakna lain?