PERANG MONETARY BARU BCH VS BCHSV -->

PERANG MONETARY BARU BCH VS BCHSV

15 Nov 2018

BITCOIN CASH biasa disingkat sebagai BCH saat ini sedang terpecah menjadi 2 kubu yang berbeda pendapat. Perbedaan pendapat ini dapat membuat peperangan keuangan versi cryptoland.

Kenapa peperangan ini terjadi? Karena memang asal usul pendukung BCH memang pada prinsipnya terdiri dari orang-orang yang sering berbeda pendapat. Kita mulai bahas dari sisi sejarah.

Apa itu Bitcoin?
Bisa anda baca disini


Kenapa BCH lahir? BCH lahir karena perbedaan pendapat mengenai bagaimana sebaiknya masalah scaling Bitcoin diselesaikan.

Scaling atau scalability atau tidak-scalable adalah masalah bagi Bitcoin atau kebanyakan Uang Kripto dimana Tx atau transaksi tidak terjadi dengan cepat. Pada sekitar tengah/akhir tahun 2017 jika anda tertarik melakukan transaksi dengan Bitcoin maka anda akan perlu konfirmasi dari sekitar 10 menit hingga 2 hari.

Bitcoin memiliki block chain (atau blockchain) atau block file hanya sekitar 2 mb dan dikonfirmasi oleh miner sekitar setiap 10 menit. Ketika transaksi melewati jumlah sekitar 10 transaksi per detik maka akan ada transaksi dengan fee terkecil digeser ke antrian belakang. Transaksi yang digeser ke belakang ini bisa terlempar lagi jika kalah jumlah fee dan ada banjir transaksi.

Masalah scalability ini diusulkan diatasi dengan membuang bagian file yang tidak penting pada blockchain.

Sebagian lain tidak sepakat, pendukung Bitcoin yang tidak sepakat dengan solusi hanya membuang bagian yang tidak penting maka mengusulkan hal lain. Usulan dari pihak yang beda pendapat ini ingin agar blockchain diperbesar hingga 8 mb (kemudian diperbesar menjadi 32 mb).


Pengusul pembuang file (bagian Segregated Witness atau bagian yang mencatat kemana dan dari mana file berasal dibuang tidak menjadi bagian blockchain karena sudah tercatat di bagian lain) mengusung nama tetap menjadi Bitcoin.

Pengusul agar blockchain menjadi lebih besar mengusulkan nama berbeda yaitu BCH atau Bitcoin Cash atau kadang disebut sebagai Bitcoin ABC.

Pendukung Bitcoin Cash memang muncul karena beda pendapat, tidak heran jika didalamnya sekarang terjadi perbedaan pendapat lagi.

Para pendukung BCH ini mengusulkan 2 hal, yang pertama dimotori oleh Roger Ver tetap dengan kondisi saat ini dan pengusul kedua dimotori oleh Craig Wright meminta agar blockchain berukuran maksimal sekitar 128 mb. Craig Wright merasa bahwa Satoshi Nakamoto akan meminta agar chain berukuran besar untuk memenuhi keperluan scalability. Nama BCH SV (Satoshi Vision) menjadi pilihan karena menjadikan usulan Satoshi terkait ukuran chain.

Perubahan usulan Blockchain ini dimulai dengan forking pada tanggal 15 November dan berlanjut dengan perang hashing. Belum tentu kedua koin BCH dan BCHSV akan ada, bisa jadi salah satu koin bisa hilang jika chain kalah dan tertelan chain yang besar.