ROCKET LAB MULAI MELUNCURKAN PAKET HEMAT MURAH UNTUK MELEPAS SATELITE -->

ROCKET LAB MULAI MELUNCURKAN PAKET HEMAT MURAH UNTUK MELEPAS SATELITE

13 Nov 2018

PESISIR PANTAI INDAH di Selandia Baru agak jauh dari pembuatan film Lord of The Ring, tenang, syahdu dan memiliki panorama sunset dan sekaligus sunrise yang sangat cantik. Apa yang akan anda pikirkan di tempat tersebut? Meluncurkan roket murah ke luar angkasa. Jika itu jawaban anda maka anda benar dan sama dengan pemikiran pendiri Rocket Lab USA.


Rocket Lab USA adalah perusahaan kecil untuk saat ini dengan bisnis meluncurkan roket kecil agar peluncuran satelit atau wahana atau beban kecil dapat dilakukan dengan murah.

Perusahaan ini berasal dari Amerika sesuai namanya tetapi memilih tempat di Selandia Baru agar lebih dekat ke garis Equator.

Rocket Lab ini merencanakan akan mengambil kue porsi peluncuran roket untuk satelit hingga 100 peluncuran dalam setahun. Pertimbangan yang tidak asal-asalan karena memang potensi bisnis luar angkasa terutama bagi memasang satelit di orbit rendah sangat banyak peluang.

Apa yang membuat Rocket Lab lebih menarik untuk meluncurkan beban kecil ke orbit rendah? Rocket Lab mengusulkan penggunaan tabung dari selain logam semisal fiber yang diperkuat. Roket akan ringan tetapi kuat dan tahan panas, lebih tahan juga terhadap fatigue. Roket dari Rocket Lab dipasang booster kecil dan handal bernama electron booster yang dapat memberikan tenaga dorong hingga 162 kN.

November ini Rocket Lab sudah memulai rencana bisnisnya dan berhasil meluncurkan 11 roket ke luar sana tanpa masalah. CubeSat adalah satelit kecil untuk kemanusian yang sebelumnya juga berhasil diluncurkan.

Menuju 2019, Rocket Lab masih ada rencana peluncuran lain sebanyak 16 kali dimana setiap peluncuran memerlukan biaya sekitar 6 juta USD untuk beban hingga 225 kg dengan jarak antar sekitar 500 km (jarak Bumi - Matahari sekitar 150 juta km).

Jika anda memiliki proyek satelit kecil, anda tidak usah risau karena anda dapat memesan berbagi peluncuran. Untuk satelit kecil  ke orbit rendah bisa dengan ongkir yang sangat murah sekitar 50 ribu USD.

Anda harus melihat energi yang team Rocket Lab ini miliki, mirip seperti SpaceX yang kecil dan handal dan berhasil merambah luar angkasa.


Apakah anda tertarik dengan bisnis ini sesudah pensiun dini? Sangat menjanjikan dan kebetulan Indonesia adalah negara yang berada di garis ekuator dengan berbagai pilihan tempat yang banyak untuk peluncuran roket.

Atau anda seorang flat-earthed guy?