WAHANA BULAN BERIKUTNYA, 10 KG KECIL PINTAR RINGKAS DAN LINCAH

WAHANA BULAN BERIKUTNYA, 10 KG KECIL PINTAR RINGKAS DAN LINCAH

24 Nov 2018

WAHANA BULAN masa depan akan berukuran kecil, jauh lebih kecil dari rover atau wahana yang saat ini berkeliling bulan.


Dua wahana yang paling terkenal mondar-mandir di bulan saat ini yaitu Chang'e berat sekitar 4 ribu kg dan Lunar Rover sekitar 210 kg.

Chang'e 3
Landing date: 13:11, December 14, 2013 (UTC) UTC
Start date: December 2, 2013
BOL mass: 3,800 kg (8,400 lb)
Dimensions: Rover: 1.5 m (4.9 ft) long, 1.0 m high

LUNAR ROVER
Wheelbase 2.3 m (90.6 in)
Length 3.1 m (122.0 in)
Height 1.14 m (44.9 in)
Curb weight
210 kgf (463 lbf) (on Earth)
35 kgf (77 lbf) (on the Moon)

Wahana masa depan yang akan dikirim ke bulan dibanding dengan wahana di bulan saat ini maka akan terlihat seperti mainan barbie.


Jika anda pernah melihat film Hongkong zaman jadul maka anda bisa melihat beberapa aktor film disana berbicara dengan batu bata besar dan saat ini ponsel semakin ramping dan masuk kantong celana anda, aktor film Hongkong tidak bisa melakukan itu.

Anda juga pasti melihat satelit saat ini semakin kecil dan semakin pintar dan canggih tetapi satelit zaman sebelumnya sangat besar. Demikian juga dengan ide wahana di bulan masa depan, harus kecil ramping pintar dan canggih.

NASA (Lunar Surface Instrument and Technology Payloads) membuat proposal untuk wahana yang lebih baik di masa depan di Bulan dan juga di Mars.

Misi berikutnya ke Bulan direncanakan pada tahun 2020 akan membawa 12 wahana rover barbie berukuran kecil dan diperkirakan memiliki berat sekitar 10 kg dengan panjang dan lebar sekitar 40 cm.

Rover ini akan memiliki spektrometer sehingga dapat melakukan analisis batuan atau material dengan akurat. Rover juga akan memiliki alat navigasi termasuk LIDAR yang dapat melakukan pemetaan bulan dengan akurasi tinggi.



Perangkat bor kecil yang dapat menembus lapisan tanah hingga 16 cm dilengkapi spektrometer cukup mampu untuk melakukan analisis jenis tanah dan batuan yang dilewati.

Perusahaan yang menangani pengembangan wahan ini bernama Lunar Outpost dan saat ini mendapat dana yang cukup dari investor sebagai dana awal bagi pembuatan wahana ini.

NASA bermaksud untuk melihat potensi Bulan di masa depan dengan melakukan berbagai persiapan peluncuran berikutnya sesudah terakhir kali dilakukan pada tahun 1972.

“The strategy is that these early missions will help us prepare for more complex future missions such as searching for useable resources, building up a seismic network to understand the Moon’s internal structure, and studying the lunar mineralogy and chemistry to understand the Moon’s origins,”