IT S A LITTLE BLACK SPOT ON THE SUN TODAY,... FOTO KEREN -->

IT S A LITTLE BLACK SPOT ON THE SUN TODAY,... FOTO KEREN

12 Des 2018

LITTLE BLACK SPOT sebetulnya titik lebih gelap di permukaan Matahari dan sebetulnya tidak sepenuhnya hitam dan tidak juga kecil.


Little black spot yang biasa di permukaan Matahari tersebut bisa berukuran sekitar enam kali (6x) ukuran Planet Bumi. Sewaktu elektron atau partikel lepas dari muka Matahari maka titik lepas tersebut terlihat lebih gelap dan dalam warna kontras terlihat jadi lebih gelap/hitam.


Jika anda tertarik melihat atau membuat foto seperti gambar diatas, anda tidak akan bisa membuat itu dengan perangkat DSLR dengan zoom kuat atau juga anda tidak akan bisa melihat titik itu dengan mata anda tanpa alat tambahan.

Ketidakmampuan mendeteksi ini karena intensitas cahaya Matahari terlalu besar dan mata tidak mampu melakukan filter atau kontras yang kuat untuk menandai titik yang lebih gelap dan terkesan sangat kecil sehingga tidak dapat dilakukan mata atau alat sederhana.

Medan magnet pada titik tersebut juga bisa jadi sangat besar sehingga satelit dalam jalur luncuran elektromagnet yang keluar dari Matahari dapat terganggu dan terasa seperti badai elektromagnet, bahkan pesawat terbang dan perangkat di Bumi akan terganggu juga jika dalam arah jalur luncurannya.

Mungkin black spot ini yang membuat Bunga Matahari memang cocok disebut sebagai Bunga yang mirip Matahari dibanding mirip Bulan, Jupiter atau komet.


Galeri foto angkasa Matahari ini dapat anda lihat di situs ini.