KENAPA GOOGLE RAKSASA? PERHATIKAN APLIKASINYA

KENAPA GOOGLE RAKSASA? PERHATIKAN APLIKASINYA

18 Des 2018

GOOGLE ADALAH RAKSASA dan semua orang sepakat terkait hal itu, terus darimana anda dan orang lain mengetahui bahwa Google raksasa? Google sendiri, situs Google. Memang situs Google sangat kuat pengaruhnya.

Anda bisa lihat aplikasi lain yang sangat memperlihatkan bahwa Google raksasa dan menggurita hampir setiap sekelumit kehidupan internet manusia.


Chrome (atau Browser Chrome - alat browsing) adalah raksasa lain produk dari Google dan bisa menjadi contoh bahwa Google memang menguasai kehidupan internet.

Chrome secara umum dipakai oleh 72% pengguna internet dan sisanya sekitar 28% juga tidak sepenuhnya kompetitor Chrome.

Edge dari Microsoft dipakai oleh orang dengan jumlah sekitar 4%. Safari adalah browser lain yang dipakai dalam jumlah yang lumayan banyak sekitar 5%. Internet Explorer saat ini ditinggalkan oleh Microsoft memiliki 5% penggemar, jumlah yang menarik. Opera dipakai 2% pengguna dan sebetulnya kode dasarnya berasal dari Chrome.

Edge, Opera dan Safari sebetulnya turunan dari Chrome dan berarti 80% dunia internet diakses oleh produk Google. Firefox dipakai sekitar 9%, lumayan besar.

Setelah browser maka anda bisa lihat lagi aplikasi besar lain yang menggurita dipakai oleh pengguna internet. Youtube adalah aplikasi besar dan mesin uang Google Group.

Apakah dominasi Google (atau Chrome) berbahaya?

Pertanyaan yang pelik dan kita bisa telusuri dari sejarah interaksi pengguna dan internet melalui browser.

Pada tahun 2009 Google mengusulkan agar diterapkan HTTP/1.1 dalam interaksi pengguna dan internet. Hypertext Transfer Protocol (disingkat HTTP) adalah cara komunikasi antara pengguna dalam internet, beberapa interaksi pengguna internet diatur. Contoh pada aplikasi ini juga bisa dibuat hyperlink dimana orang dapat mengunjungi situs yang tertulis disana.

Google juga mengembangkan cara interaksi pengguna lain yang merupakan perbaikan dari HTTP/1.1 dan disepakati untuk diterapkan pada tahun 2015. Perbaikan ini disebut dengan HTTP/2.

Perbaikan lain juga selalu diusulkan dan dimunculkan oleh Google dengan mulainya perbaikan dari HTTP/2 dengan sebutan HTTP/3.

Tidak hanya itu, jika anda pembuat situs atau programmer/developer maka anda sudah kenal juga dengan Accelerated Mobile Pages atau AMP. AMP ini juga akan menjadi usulan dari Google berikutnya agar browser bertindak mendahulukan isi dimana proses terkait HTML akan dipangkas, pertimbangan pengguna mobil/ponsel agar dipertimbangkan oleh pembuat situs.

Apa hubungannya?

Chrome sudah jadi raksasa, sekitar 80% pelaku akses internet menggunakan Chrome dan sisa lainnya yang besar hanya Firefox sekitar 9%.

Chrome atau Google bisa mendorong agar aturan interaksi pengguna dan internet sesuai aturan Chrome dan Google.

Apakah dominasi Google dan Chrome jelek?

Ini juga susah dijawab, jika kita melihat bagaimana Youtube bekerja dengan optimal pada hape atau ponsel jadul maka anda layak berterimakasih pada Google/Youtube.

Jika akses data pribadi terjadi seperti Facebook dilakukan Google maka ini juga hal besar yang buruk, tidak bisa ada satu jawaban terkait teknologi.