THOR DAN MOTOR TRAIL DIBUAT DENGAN PRINTER

THOR DAN MOTOR TRAIL DIBUAT DENGAN PRINTER

7 Des 2018

THOR atau Test of High-tech Objectives in Reality merupakan usulan terbaru dari pabrikan pesawat Airbus untuk membuat pesawat terbang hanya melalui printer 3D.


Airbus juga mencoba membuat sepeda dari printer 3D, menjadi menarik jika kita telusuri alasan dan kelebihan menggunakan 3d printer untuk membuat alat transportasi.


Pesawat drone dari printer ini memiliki bagian lebih dari 1000 pecahan print 3D. Model pesawat ini memiliki berat 21 kg dan berukuran panjang 4 meter. 

Pasti Airbus mencoba membuat pesawat dari printer memiliki alasan kuat demikian juga dengan membuat sepeda dari printer.

Keuntungan dari print 3D untuk pesawat ini adalah kemungkinan produksi yang sangat cepat dan Zero Waste (tidak ada sisa material pembuat pesawat). 

Seperti anda membuat hasil cetak dari printer, tinta habis dan bisa disebut tidak ada bagian print yang terbuang. Berbeda jika anda membuat model pesawat dengan kayu balsa, akan ada bagian kayu balsa yang terbuang entah bagian pojok atau bagian yang mengerucut karena mengecil atau tidak lurus. Bagian ini jadi terbuang, berbeda dengan bahan cairan printer.

Airbus juga menemukan keuntungan lain dimana berat dari model pesawat ternyata lebih hemat (lebih ringan juga) sekitar 30% bahkan hingga 50%.

Dalam keadaan normal, membuat pesawat dengan menggunakan printer akan jauh lebih cepat dari menggunakan tangan dan perkakas. Dalam kegiatan yang masif maka jumlah besar harus dibuat dalam waktu yang pendek, printer dapat menjawab keperluan itu.

Airbus tidak berhenti mencoba membuat pesawat drone, sepeda ringan juga sudah dibuat dengan sukses oleh Airbus.


Motor ini memang super ringan sekitar 6 kg lebih ringan dari satu sak kantong semen yang biasanya 40 kg mungkin sama dengan beratnya galon air minum.

Walaupun beratnya sudah minim tetapi performance tidak minim bisa dikebut hingga 80 km/jam dan sudah cukup cepat untuk dipakai di dalam kota.

Sesuai dengan bobot dari sepeda ringan handal ini, namanya disebut dengan Light Rider. Betul-betul ringan, bisa diangkat dengan enteng oleh pemakainya.