10 ATURAN JIKA INGIN MEMBUAT USAHA BISNIS MENJADI ENTREPRENEUR SUKSES -->

10 ATURAN JIKA INGIN MEMBUAT USAHA BISNIS MENJADI ENTREPRENEUR SUKSES

20 Jan 2019

JACK MA berhasil membuat bisnis yang besar dengan membuat Alibaba menjadi raksasa tidak hanya di Cina tetapi menguasai pasar barang dagangan retail dunia. Banyak penjual di Amazon bahkan pengguna barang di Indonesia menggunakan barang buatan Cina. Saat ini, para pengguna dan penjual barang dari Cina ini mulai mengerti bahwa barang tersebut bisa dengan mudah didapat dari Alibaba atau Aliexpress, Jack Ma yang melakukan konsep pembuatan hingga Alibaba atau Aliexpress besar seperti saat ini.

Jack Ma berhasil menjadi entrepreneur sukses ini tentu tidak dalam satu hari dan tidak dengan konsep yang sederhana dan hanya satu aturan saja. Apa saja aturan dari Jack Ma agar anda sukses dalam membuat bisnis anda? Setidaknya ada 10 aturan yang dibuat Jack Ma hingga membuat Alibaba besar menguasai dunia.



Dalam pertemuan Davos, Jack Ma berbagi sepuluh aturan pokok mengenai bagaimana Jack Ma berhasil membuat usaha besar.

1. Terbiasa dengan Penolakan

Jika anda ingin membuat usaha besar maka anda harus terbiasa dengan penolakan. Bukan dari penolakan penjualan saja tetapi penolakan dari sekolah dan termasuk penolakan bekerja.

Jack Ma bercerita bahwa beliau pernah melamar pekerjaan hingga 33 kali melamar kerja dan gagal semuanya.

Jack Ma pernah melamar pekerjaan di KFC. Bersaing dengan 24 pelamar lainnya dimana yang diterima disana adalah 23 orang.

Jack Ma pernah melamar untuk kuliah. Jack Ma mendaftar sekolah 10 kali ke Harvard dan sebanyak 10 kali pula Jack Ma ditolak.

2. Jaga agar mimpi tetap tumbuh

Jack Ma yakin pada tahun 1994 bahwa internet akan besar dan membawa pengaruh yang besar. Siapa yang berpikir demikian di tahun 1994? Tidak banyak.

Jack Ma tetap menjaga mimpi tersebut dan berencana menggunakan momentum terkait internet bagi ide mimpi usahanya.

3. Fokus kepada Adat Kebiasaan

Kekuatan  utama dari bisnis adalah pada budaya dan kebiasaan untuk menolong orang lain. Fokuskan usaha anda pada dasarnya untuk membantu orang lain.

Jika usaha anda untuk menolong orang lain berhasiul maka tidak usaha khawatir, dari usaha tersebut akan bisa ada peluang yang sangat besar untuk membuat uang. Alibaba dibuat untuk membantu pengusaha retail di Cina dan ternyata sangat menolong banyak pengusaha kecil. Sewaktu pengusaha ini sukses tumbuh maka anda tumbuh bersama mereka.

4. Abaikan Orang Kecil

Orang kecil seperti apa yang harus adan hiraukan? Jack Ma memiliki definisi lain mengenai siapa orang kecil ini.

Suatu ketika diawal diluncurkannya AliPay maka banyak orang protes. Orang banyak menyebut bahwa Alipay adalah ide terbodoh dari orang ini (Jack Ma), jangan hiraukan orang yang mengecilkan ide anda, inilah orang kecil. Anda harus terus jalan dengan konsep yang anda yakini, jalan terus dan ada 100 juta pengguna AliPay di tahun 2015.

5. Selalu terinspirasi oleh yang lain

Jack Ma terinspirasi oleh banyak hal termasuk oleh tontonan film. Jack Ma mendapat inspirasi bagaimana berbicara dan berpidato dari film. Whitney Houston di dalam film Bodyguard memberi ide yang mendalam tentang menjadi diri sendiri secara alami.

Cari inspirasi dari lingkungan sekitar anda. Ada banyak ide dan peluang di tempat anda berada. Bagaimana anda menggunakan ide dan inspirasi tersebut?

6. Fokus dalam usaha

Sebagai CEO maka Jack Ma harus membatasi goal peluang yang mau diambil. Jika semua peluang diambil maka akan ada terlalu banyak sasaran. Buat misi utama dan itu akan membuat arah bisnis tertolong sehingga menjadi tajam dan fokus.

7. Memiliki nama yang baik

Sewaktu anda tertarik memulai bisnis maka anda perlu nama baik. Nama ini harus dipandang baik (dan mudah) bagi setiap orang yang ingin menggunakan jasa anda.

Jack Ma berpikir bahwa bisnis internet adalah bisnis global. Nama yang dipilih harus global dikenal orang.

Jack Ma memilih nama Alibaba karena nama ini termasuk nama yang baik dan mudah diingat oleh orang dimanapun berada. Hampir Jack Ma memilih nama San Fransisco.

8. Pelanggan adalah nomor 1

Jika anda harus memilih siapa yang paling penting bagi usaha atau bisnis atau rencana entrepreneur anda maka anda harus membuat urutan yang benar. Pelanggan adalah nomor satu diatas semuanya bagi citra usaha anda, pekerja nomor dua dan share holder lain berikutnya.

Sewaktu akan IPO ada calon investor meminta perhatian khusus dari Jack Ma karena mereka mau investasi jangka panjang. Jack Ma menilai dari pengalaman. Jack Ma penah mengalami krisis, yang tertinggal untuk Jack Ma saat itu hanya pelanggan dan pekerja.

9. Jangan mengeluh ketika mencari peluang

Orang di dunia banyak, sehingga semakin banyak orang maka semakin banyak keluhan. Anda pikirkan keluhan tersebut, bisakah ada solusi terbaik dari keluhan orang disekitar anda ini? Ada solusi yang anda bisa antarkan dan sediakan bagi mereka?

Anda selesaikan masalah, mereka senang maka anda akan bahagia. Itulah sukses.

10. Jaga cita-cita

Berusaha dengan sungguh-sungguh, ketika berusaha maka anda juga perlu membentuk team yang kokoh. Ketika anda memiliki semuanya maka kekuatan saingan bahkan rintangan pemerintah sekalipun akan dikalahkan.



Jika anda ingin berusaha berbisnis agar menjadi entrepreneur sukses maka hal pertama yang anda harus lakukan adalah jangan takut kalah.

Anda jangan takut penolakan. Jika anda siap dan tidak takut gagal maka langkah pertama sudah dicetak agar anda menjadi entrepreneur sukses.

Memperbaiki dan memperkuat diri anda dan tim anda lebih penting bagi mencapai tujuan menjadi entrepreneur sukses.