AIRPOWER AKAN SEGERA DIJUAL MURAH

AIRPOWER AKAN SEGERA DIJUAL MURAH

14 Jan 2019

AIRPOWER banyak ditunggu pengguna produk gadget dari Apple yang ingin melakukan charging wireless dengan barang dari Apple bukan dari produk lain karena kehandalan barang Apple berbeda, itu yang ada di benak pengguna Apple (terutama iPhone).


Kehandalan Apple sangat disukai pengguna Apple walaupun hal tersebut membuat pengeluaran menjadi lebih besar karena produk Apple cenderung serba tertutup (closed environment).

Misal Apple menghindari penggunaan USB dan mengganti dengan kabel lighting karena kabel USB standard tidak dapat dipercaya kehandalan baik dari segi kinerja arus/voltase dan juga terkait keamanan data. Barang Apple hanya khusus untuk Apple. Lalu bagaimana dengan AirPower apakah hanya untuk Apple?

Kemungkinan terkait charger ini bisa dipakai untuk barang sejenis (misal ponsel dan perangkat batre standar gadget tambahan ponsel) sangat besar karena fungsi charging satu dan lain mirip. Setidaknya itu yang dianggap oleh AppleInsider. Kenapa AirPower akan mirip dengan spesifikasi air charger lain karena saat ini iPhone sendiri bisa di-charged dengan Qi standard.

Ponsel iPhone tipe apa yang bisa diisi oleh AirPower?

Hanya 3 iPhones yang bisa jalan dengan AirPower: iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Ketiga iPhones tidak saja memiliki glass backs (bagian belakang dilapisi kaca tipis - berbeda dengan latar/bagian belakang dari logam/aluminium seperti pada ponsel  iPhone 6 dan 7).  iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X memang sudah disiapkan memiliki hardware support untuk kegiatan wireless charger/charging.

MacBook terindikasi saat ini tidak dapat wireless charging dengan AirPower dengan spesifikasi yang ada saat ini.

AirPower disebutkan akan sesuai dengan standard Qi wireless charger, barang ini bisa dipakai ponsel  lain yang support.

Kapan barang charger AirPower dari Apple ini akan dijual murah?

AirPower saat ini baru saja dibocorkan oleh pihak Apple pada iPhone X Event. Dalam presentasi tersebut tidak jelas apa spesifikasi AirPower secara lengkap.

Menurut perkiraan, jika suatu produk sudah diperkenalkan di ajang Apple oleh Apple maka barang tersebut sudah siap diluncurkan. Apple sangat bagus menjaga rahasia baik ketika dilakukan produksi atau sewaktu shipping ke Apple Store sudah dilakukan.

Bagaimana cara kerja AirPower mengisi batre ponsel iPhone?

AirPower akan menghasilkan gelombang elektromagnetik dan gelombang ini akan menginduksi ponsel anda (seperti gelombang elektromagnetik yang dikirim oleh kompor listrik dan menginduksi barang tujuan kemudian induksi ini diubah menjadi energi panas - dalam kompor listrik).

Dalam kasus ponsel yang diisi baterainya - wireless charger maka gelombang gelombang elektromagnetik yang dikirim oleh AirPower akan ditangkap oleh ponsel, ponsel ini memiliki kumparan yang menangkap gelombang yang masuk untuk kemudian diubah kembali menjadi listrik. Mirip seperti kumparan pada trafo dari kumparan satu ke yang lain berubah menjadi listrik kembali.

Secara prinsip mirip cara kerja trafo atau transformer (pada gambar bagian bawah - diambil dari wikipedia).