APA YANG TERJADI DENGAN CRYPTOPIA? KENAPA CRYPTOLAND HARUS CEMAS? -->

APA YANG TERJADI DENGAN CRYPTOPIA? KENAPA CRYPTOLAND HARUS CEMAS?

22 Jan 2019

CRYPTOPIA saat ini melaporkan diri terkena serangan hacker pada tanggal 15 Januari 2019 dan rugi banyak, setiap Cryptolanders pasti berusaha mencari apa yang diserang dan uang digital (crypto) apa yang hilang merugi diambil hacker. Semua simpang siur.


Cryptopia mengumumkan pertama kali di media twitter dan langsung ramai dibahas oleh para penduduk Cryptoland mengenai coin apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana hal tersebut terjadi.

Seorang whale pada awalnya di tanggal 14 Januari 2019 merasa curiga dengan adanya pemindahan coin Ethereum (ETH) yang berjumlah besar (menurut diskusi di forum mencapai hingga melewati 3000 ETH).

Whale tersebut bekerja sama dan melaporkan kecurigaan karena ada pergerakan coin dalam jumlah besar, bahkan dari laporan ini Cryptopia akhirnya menyadari adanya kebocoran pada sistem keamanannya.



Apa dan siapa pemilik Cryptopia? 
Rob Dawson dan Adam Clark menggemari trading cryptocurrencies dan mengalami pengalaman jelek dari exchange tertentu.

karena pengalaman jelek tersebut akhirnya mereka memutuskan untuk membuat exchange khusus yang sesuai hobby mereka ini.

Cryptopia berkantor di Christchurch, Canterbury, New Zealand (Selandia Baru) dan saat ini tercatat dimiliki oleh 90 pemegang saham utama. Rob Dawson dan Adam Clark memiliki saham hingga 30.57% dan 27.46%. Cryptopia termasuk exchange crypto yang dibilang cukup besar karena sangat mudah mengakomodir coin atau teknologi baru.

Beberapa coin yang baru lahir bisa disebut selalu mengincar Cryptopia sebagai tujuan pertama sebelum meluas ke exchange yang lebih besar atau dipandang lebih terhormat seperti Bithumb, Bittrex, Coinbase atau OkeX.

Tidak heran jika coin tersebut pada awalnya melibatkan beberapa penggemar investor baru yang tertarik teknologi baru dan resiko tinggi.

Beberapa coin baru dianggap memiliki masa depan yang menarik karena memiliki konsep terbaru dan lebih memiliki daya guna yang lebih dibanding coin sebelumnya. 

Sebagai contoh ETZ (atau EtherZero) pertama kali mendaftarkan untuk dijual belikan terdaftar ke Cryptopia dengan volume jual beli hingga melewati 1 juta USD perhari. 

Kemudian bergerak ke exchange besar seperti Bithumb dimana mencatatkan volume fantastis sekitar 18 juta USD pada hari pertamanya. Membuat Bithumb juga kagum dengan kinerja coin baru ini karena memang menarik dengan konsep scalable, instant Tx dan smart contract seperti ETH (Ethereum).

Coin baru lain seperti AMON (AMN) memberikan daya guna khusus yang menarik didampingi oleh praktisi hebat. Tidak heran jika coin ini juga menarik banyak investor.

Kedua coin ini berada di Cryptopia dan tidak jelas bagaimana nasibnya pada awal terjadi hacking, tidak jelas sebetulnya apa yang terjadi. Dalam update twitter terbaru Cryptopia menyampaikan tidak dapat memberikan komentar lebih lanjut saat ini.


Jika saja anda adalah pengguna crypto dan mengikuti sepak terjang kedua coin tersebut (AMN dan ETZ) maka tidak heran jika anda dapat mengetahui apa yang terjadi pada coin tersebut di Cryptopia.

Berdasar pengumuman dari AMN bisa disebutkan bahwa coin ini memiliki kerugian dari kondisi hack yang terjadi di Cryptopia.

Bahkan AMN melakukan identifikasi dimana hack tersebut terjadi, berapa besar dan kemana uang tersebut disimpan oleh hacker.

ETZ atau EtherZero pada saat ini mengindentifikasi tidak terkait kerugian hack di Cryptopia karena sudah melakukan upgrade sistem dan pada saat bersamaan sesudah upgrade kondisi wallet dan network untuk sementara dihentikan di Cryptopia, kondisi ini dengan sendirinya mencegah akses bagi hacker.

Filtered By Token Holder  (Cryptopia_Hack3)
Holder: 0x9007a0421145b06a0345d55a8c0f0327f62a2224

Price: $0.0004 @ 0.000003 Eth ( 8.03%)
Balance: 21,824,821.473002272484331398 AMN
Value: $8,066.89 ( ~68.9950 Eth) [1.3095%]

Kenapa Cryptolanders harus berduka?

Keterbukaan di dunia crypto saat ini memang disebut sangat jelek dan terbukti pada kondisi hacking Cryptopia ini tidak ada yang mengetahui apa sebenarnya yang terjadi.

Bagaimana hacker masuk?
Bagaimana uang diambil? Apakah dengan memindahkan cold wallet dan kenapa cold wallet dapat diakses dari luar?

Sebanyak apa uang yang dicuri disana? Beberapa diskusi di forum menyebutkan kerugian berkisar antara 3 juta USD hingga 14 juta USD, lalu crypto apa saja yang jebol?

Beberapa coin diketahui sudah berpindah dan diketahui dimana keberadaanya lalu apa yang akan dilakukan oleh Cryptopia terhadap coin tersebut? Apakah anda rugi jika memiliki coin tersebut sekarang disana? Siapa yang akan menggantikan uang anda jika menyimpan disana?

Semua masih simpang siur.