BALON UNTUK MEMATA-MATAI JANGKA PANJANG

BALON UNTUK MEMATA-MATAI JANGKA PANJANG

14 Jan 2019

FLYING BUM atau balon udara besar yang dapat terbang hasil dari perusahaan berusia 7 tahun ini mendapat perhatian serius dari militer.


Balon udara besar ini cocok menjadi Long Endurance Multi-intelligence Vehicle (atau kendaraan yang bisa menjadi wahana pengintai untuk jangka waktu yang sangat panjang).


Hybrid Air Vehicles menjadi perusahaan yang mengembangkan wahan lama ini menjadi andalan di zaman modern bersama Northrop Grumman.

Wahana balon ini akan berisi perangkat militer untuk mengawasi area yang luas dari ketinggian yang aman dan jarak yang cukup aman. Mirip seperti pesawat pengintai pada umumnya. Perbedaan mendasar dari wahana ini adalah dapat terbang dengan sangat efisien digunakan untuk jangka waktu yang lama, misal selama mingguan.

Pesawat jet bagus untuk mengintai tetapi hanya bisa terbang beberapa jam mungkin selama 2x24 jam masih mungkin tetapi bahan bakar yang dipakai terbatas selain jumlah kru juga terbatas.

Balon udara ini berbeda, bisa cukup besar untuk terbang beberapa hari dengan beberapa kru sekaligus pada saat take-off. Tipe militer yang ukurannya pas ini disebut sebagai Airlander - 10.

Dunia memerlukan setidaknya sekitar 1000 wahana balon ini dalam beberapa tahun mendatang karena kehandalannya yang unik ini.

Kebutuhan balon udara ini tidak hanya untuk militer, bisa jadi transportasi di area terpencil akan cocok menggunakan balon ini.

Transportasi di area terpencil bisa jadi akan perlu mengangkut bahan tambang dengan berat beberapa ton dan membawa alat berat seperti excavator dan truk besar, sudah tentu perlu wahana yang besar. Perusahaan baru ini juga sudah mempertimbangkan hal tersebut dan keluarlah tipe yang besar disebut dengan Airlander - 50.

Airlander - 50 ini bisa membawa tank atau muatan berton-ton sehingga biaya angkut akan sangat murah tetapi tidak tergantung pada akses darat.



Balon udara ini tentu sangat kuat dengan bahan mirip kevlar bernama Vectran. Bahan polimer ini kekuatannya mirip kevlar tetapi sedikit lebih tahan terhadap matahari dibanding kevlar yang mudah luruh jika terjemur Matahari berulang-ulang.

Carbon Composite juga dipakai sebagai rangka penguat dari balon udara ini agar ringan sekaligus juga tahan untuk mengangkut beban berat.