BENBAN AKAN MENJADI CONTOH BAGI ENERGI MASA DEPAN

BENBAN AKAN MENJADI CONTOH BAGI ENERGI MASA DEPAN

5 Jan 2019

MESIR memiliki banyak struktur buatan manusia yang sangat besar atau yang terbesar. Piramid dan Bendungan Aswan Mungkin salahs atu yang terbesar yang pernah diketahui manusia. Sebentar lagi Benban akan selesai dan akan menjadi tempat pembuatan listrik terbesar juga.


Sebelum pembangunan pembangkit listrik dengan solar cell, Benban hanyalah padang pasir tandus dan kosong tanpa hunian manusia.

Benban diperkirakan mampu menghasilkan listrik hingga 1.8 Giga Watts (3.8 TWh -  4 TWh dalam satu tahun) dalam produksi normal kelak sesudah operasional. Angka yang besar karena dengan listrik yang dihasilkan setidaknya dapat mencukupi keperluan listrik hingga sekitar 20-30 ribu orang.

Benban ini akan meliputi area seluas 37.2 km persegi dan menjadi 41 kotak bagian kecil yang masing-masing luasnya sekitar 0.3 hingga 1 km persegi.


Semangat renewable energy di Mesir sepertinya jauh lebih maju dari semangat penggunaan renewable energy di negara maju. Keperluan listrik di Mesir sekitar 182 TWh pertahun dan listrik dari area ini sekitar 4 TWh setahun, lumayan besar kontribusi Benban untuk mengurangi beban Bendungan Aswan.

Bendungan Aswan sendiri dibuat pada tahun 1899 dan 1902 tetapi kemudian ditingkatkan kapasitasnya pada tahun 1907 - 1912 dan pada tahun 1929 - 1933.

Aswan ini selain membuat listrik juga membuat banjir jauh lebih terkendali, irigasi lebih mudah ditata dan kontribusi ekonomi juga lebih tinggi.