BOSE MEMBUAT HAK PATEN BARU, MEMBUAT MOBIL SENYAP

BOSE MEMBUAT HAK PATEN BARU, MEMBUAT MOBIL SENYAP

13 Jan 2019

BOSE terkenal membuat alat penghasil suara yang bisa disebut terbaik saat ini dan Bose akan memperkenalkan diri ke dunia otomotif agar mobil lebih senyap.


Anda mungkin pernah bertemu dengan headphone atau earphone yang memiliki noise cancellation, pada barang tersebut jika ada noise atau suara yang ikut serta akan dihilangkan dengan mekanisme dibuat noise sejenis dengan arah gelombang berbalik sehingga nilainya menjadi nol. Suaranya hilang.

Prinsip seperti noise cancellation ini akan dibawa oleh Bose ke ruangan mobil sehingga mobil diharapkan akan lebih senyap, lebih nyaman.

Sistem penghilang suara dalam mobil ini disebut sebagai Bose QuietComfort Road Noise Control (RNC).  Sistem yang diharapkan mobil anda lebih nyaman dan senyap.

Sebagai langkah awal untuk membuat sistem ini lebih baik, Bose akan perlu membuat mesin dalam mobil menjadi lebih bisa terukur oleh Bose.

Bose mengusulkan adanya sistem yang bisa berguna untuk menekan suara mesin sehingga diusulkan Bose Engine Harmonic Cancellation (EHC) and Bose Engine Harmonic Enhancement (EHE) kepada setiap pembuat mesin mobil baik tipe apapun termasuk sedan, truk atau SUV.

Suara mesin adalah sumber utama yang membuat mobil bisa lebih berisik karena nempel ke badan mobil. Setiap mesin dan setiap mobil sangat komplek berbeda, tidak heran jika Bose menawarkan diri kepada setiap pabrikan mesin untuk bekerja sama dan Bose akan membantu agar suara mesin nantinya akan lebih senyap.

Jalan yang tidak rata dan gesekan roda tertentu misal dengan jalan raya terutama tipe beton maka suara interaksi ban dengan jalan akan lumayan keras terdengar.


Bagaimana sistem ini bekerja?

Bose akan menempatkan Accelerometer, software khusus, microphones dan audio system untuk mengendalikan suara yang diijinkan di dalam mobil.

Sensing, Processing, and Reducing Road Noise

Bose QuietComfort RNC uses a combination of accelerometers, proprietary signal-processing software, microphones, and the vehicle’s audio system to electronically control unwanted sound. Accelerometers mounted on the vehicle body enable a Bose algorithm to continuously measure vibrations that create noise. This information is then used to calculate an acoustic cancellation signal, which is delivered through the vehicle’s speakers to reduce the targeted noise. Microphones placed inside the cabin monitor residual noise levels, allowing the system to adapt the control signal for optimized performance over different road surfaces, while automatically adjusting over time as the vehicle ages.

Accelerometer akan mengukur getaran yang terjadi pada mobil, microphone akan mengukur dan menangkap jenis suara yang masuk di ruangan penumpang. Input ini akan menjadi sumber bagi proses yang dilakukan oleh software untuk kemudian dibuat output agar suara tadi bisa di hilangkan energinya.

Konsep yang menarik dan pastinya akan sangat rumit karena area penumpang mobil sangat luas dan berbeda-beda antar satu tipe mobil ke tipe lain, berbeda dengan earphone atau headphone.

Perjalanan konsep ini agar menjadi kenyataan masih dalam pembuatan, diperkirakan pada tahun 2021 akan ada mobil menerapkan konsep ini.