DESAIN DI LAUT DIMANA SYARAT FUNGSI BERTEMU KENYAMANAN -->

DESAIN DI LAUT DIMANA SYARAT FUNGSI BERTEMU KENYAMANAN

21 Jan 2019

SEPERTI APA INTERIOR DI LAUT? Mungkin bagi kebanyakan orang yang tidak pernah bekerja di laut menjadi pertanyaan serius.


Jika anda bekerja di laut maka hal utama dari peralatan adalah fungsi dari alat tersebut harus terpenuhi. Sebagai contoh jika anda bekerja di laut dengan kapal khusus maka kapal tersebut harus memiliki beberapa atau banyak fungsi.

Untuk kapal laut perbaikan sumur oil and gas maka kapal memiliki banyak fungsi yang secara kasat mata tidak terlihat.

Kapal pada prinsipnya harus memiliki alat kontrol atau alat kendali yang berjumlah dua dan kadang untuk kapal tertentu harus ada tiga dimana satu bagian harus disediakan terpisah menjadi pengamanan jika semua fungsi rusak. Dalam kasus alat kendali dan alat konrol berarti harus ada tiga mesin yang terpasang pada kapal laut dan ini bisa menghabiskan ruangan pada kapal laut.

Kapal laut juga secara umum harus tahan bekerja pada gelombang tinggi dan memiliki daya dorong yang besar. Cadangan bahan bakar juga harus tersedia secara khusus jumlahnya.

Syarat Fungsi dari kapal laut tersebut biasanya membuat kapal laut berukuran besar tetapi bisa jadi habis oleh perangkat yang dipersyaratkan menjadi batas minimal dari kapal tersebut.

Secara umum keadaan tersebut membuat ruangan yang tersedia di dalam kapal laut terbatas sehingga hampir menyeluruh bagian kapal atau wahana kerja di laut bagi pekerja oil and gas tidak bermacam-macam dan sangat terbatas.

Apa yang harus dilakukan?

Royal IHC Offshore Ships adalah kapal yang dibuat di shipyard IHC Merwede dan perusahaan pabrikan kapal tersebut ingin membuat perbedaan dimana syarat fungsi bertemu dengan kenyamanan.


Dalam kreasi arsitek lain, tim arsitek benama HofmanDujadrdin ini memiliki keunikan dimana geometri lurus dan jendela lebar menjadi ciri khasnya.

Tidak heran jika dalam desain untuk kapal laut oleh tim arsitek ini menggunakan pendekatan agar kapal luas dan nyaman tetapi syarat utama fungsi dari kapal ini tetap harus terpenuhi.


Dengan kemampuan desain di darat yang terbiasa bergulat dengan geometri lurus dan lapang maka hasil dari bagian kapal bisa tetap memperlihatkan ciri khasnya, area jalan di dalam kapal yang biasanya sempit dan terkesan tertutup bisa menjadi lapang dan jelas.


Area bersama di dalam kapal juga mempertahankan kenyamanan dimana tempat relax bersama dibuat luas dengan menggabungkan sekat tengah dengan bagian pinggir kapal sehingga jauh lebih luas.

Filifosi desain baru ini kan diperlihatkan oleh IHC Merwede bersama tim arsitek HofmanDujardin di pameran yang akan dilakukan di Norwegia.




Project Royal IHC Offshore Ships
Client Royal IHC
Interior design HofmanDujardin
Team Barbara Dujardin, Michiel Hofman, Anne Boonstra, Pieter Mulder, Thom Zijlstra en Bo Winnubst
Vessel design Mulder Design

Verrijn Stuartweg 34
1112 AX Diemen
The Netherlands

+31-(0)20-5286420