FACEBOOK MELAKUKAN DOKUMENTASI DAN PEMANTAUAN IKLAN POLITIK

FACEBOOK MELAKUKAN DOKUMENTASI DAN PEMANTAUAN IKLAN POLITIK

29 Jan 2019

FACEBOOK mengalami pengalaman super pahit sewaktu pemilu Amerika dan berdasar dari hal tersebut saat ini Facebook membuat tim khusus untuk memantau politik (iklan politik).


Pemantauan untuk iklan (dan berita) politik ini dipusatkan di Dublin dan Singapura sebagai regional operation center dimana dalam beberapa bulan kedepan berbagai negara di Asia dan Eropa akan memulai pemilihan umum.

Facebook memberikan wadah jika ada pengguna Facebook yang tertarik menelusuri (semua) iklan dan berita politik yang ada di Facebook melalui link disini.

Tujuan utama dari pustaka dan kolom pencarian tersebut tidak bertujuan utama agar pengguna memakainya tetapi untuk keperluan Facebook melakukan pencarian dan pengelompokkan. Facebook mengetahui bahwa iklan politik akan banyak dan beberapa negara dengan pengguna Facebook yang besar akan memulai pesta politik ini.

India adalah negara pengguna Facebook terbesar di dunia dan akan memulai pemilu pada sekitar bulan April - Mei. Uni Eropa juga akan memiliki pemilu terkait Parlemen Eropa pada sekitar Mei. Facebook berkepentingan meninjau berita dan iklan yang keliru agar pengalaman pahit pemilu Amerika tidak terulang.

Untuk rencana jangka panjang, Facebook berencana akan melakukan arsip terkait semua iklan (dan berita) politik yang terkait di Facebook.