FSA JEPANG KEMUNGKINAN AKAN MELUNCURKAN ETF DULUAN

FSA JEPANG KEMUNGKINAN AKAN MELUNCURKAN ETF DULUAN

9 Jan 2019

FINANCIAL SERVICE AGENCY - FSA atau badan layanan khusus yang mengatur kebijaksanaan keuangan termasuk bertanggung jawab bagi kegiatan perbankan dan kegiatan exchange (trading) dari Jepang.


FSA saat ini sedang melihat dengan seksama kemungkinan meluncurkan ETF (Exchange Traded Fund) dari Bitcoin (baca hal umum terkait ETF disini).

Amerika melalui SEC masih menggodok kemungkinan meluncurkan ETF dari semenjak pertengahan tahun 2018 dan selalu ditunda keputusannya. Pada saat sebelumnya di 2016 juga pernah diajukan ETF dari Bitcoin dan gagal. Skema yang saat ini diajukan berbeda dengan skema dari cara ETF yang gagal di tahun 2016 dan ditolak di tahun 2017.

Jepang secara meyakinkan saat ini sedang membuat laporan mengenai kemungkinan untuk penerapan ETF Bitcoin dalam waktu yang sangat cepat.

Laporan awal untuk pengajuan ETF ini bisa jadi akan siap pada Maret 2019 dan akan diputuskan kemudian apakah dapat diluncurkan atau tidak.

Berdasar laporan dari Bloomberg, FSA mulai melihat kemungkinan penerapan ETF setelah terlihat adanya ketertarikan dari para pelaku bisnis di Jepang.

FSA saat ini masih mengkaji celah keamanan jika Bitcoin ETF diterapkan karena sebelumnya terjadi pencurian Bitcoin dan menyebabkan Coincheck exchange rugi sekitar 533 juta USD pada Januari 2018.

Jika anda melihat pola harga Bitcoin, saat ini cenderung turun dan terlihat akan terhempas jatuh ke dasar harga sebelumnya.

Bisa jadi memang harga Bitcoin akan jatuh tetapi jika anda melihat laporan Bloomberg maka ada secercah harapan. Harga Bitcoin jatuh tetapi jumlah kontrak Bitcoin di Future semakin meningkat.



Kontak Future Bitcoin meningkat mengindikasikan bahwa ada pihak yang selalu memborong Bitcoin dan ini menarik.

Harapan selalu ada.