HOTEL DENGAN PELAYAN ROBOT MEMILIKI PELUANG BERKEMBANG

HOTEL DENGAN PELAYAN ROBOT MEMILIKI PELUANG BERKEMBANG

27 Jan 2019

JEPANG terkenal dengan teknologi tinggi dan pengembangan robot, tidak heran jika negara ini menjadi negara pertama yang memiliki hotel pertama kali dengan pelayan berupa robot.


Hotel ini bernama Henn-na Hotel, hotel ini menggunakan robot (hampir untuk setiap hal sudah menggunakan robot) dan berlokasi di Nagasaki, semenjak Juli 2017.


Perkembangan robot di Jepang memang pesat. Sebelumnya Jepang terkenal dengan robot dari Honda yaitu ASIMO. ASIMO (the Advanced Step in Innovative Mobility robot) saat ini sedang dalam pengembangan untuk menjadi rekan yang bisa membantu astronot di luar angkasa.

ASIMO bisa bekerja melalui perintah lisan, melihat, berjalan dan menggunakan tangan layaknya manusia. Bahkan ASIMO akan dikembangkan agar bisa merawat manusia di bumi dan di angkasa luar, tidak perlu oksigen atau tempat tidur dan peralatan gosok gigi.

Cina juga saat ini terkenal dengan pengembangan teknologi masa depan, hotel dengan robot adalah salah satu hal yang juga sudah diluncurkan.


Alibaba adalah perusahaan yang saat ini sudah menjalankan hotel dengan robot sebagai percontohan hotel masa depan.

Hotel ini terletak di kota Hangzhou dan sudah berjalan operasional semenjak Desember 2018 menggunakan robot. Hotel ini memiliki sebanyak 290 kamar dan disebut dengan FlyZoo.

FlyZoo dalam bahasa slank Cina bisa juga berarti “it’s a must to stay here” Tempat yang harus dikunjungi untuk bermalam.

Hotel ini dijadikan contoh bagi hotel masa depan sehingga tidak heran jika dipenuhi fitur canggih. Tamu tidak perlu membawa kunci untuk membuka pintu kamar, hotel sudah menerapkan facial-recognition technology.

TV, lampu kamar dan juga bahkan tirai kaca jendela kamar sudah dapat dikontrol melalui voice-controlled. Jika perlu room service orders seperti meminta air minum atau handuk baru maka hanya perlu berbicara.