JEFF BEZOS ENTREPRENEUR SUKSES -->

JEFF BEZOS ENTREPRENEUR SUKSES

20 Jan 2019

JEFF BEZOS terkenal karena membintangi film Star Trek dan karena beliau saat ini menjadi orang paling kaya di dunia dan memiliki peluang untuk menjadi orang pertama dengan kekayaan menembus 100 miliar USD.


Jika anda mencoba mencari dibagian apa Jeff Bezos bermain pada Star Trek maka anda akan kebingunan. Bukan anda saja yang bingung karena Jeff Bezos menjadi alien.


Anda mungkin berpikir bahwa Jeff Bezos dibayar mahal oleh film ini dan bayaran itu membuat Jeff Bezos tercatat menjadi orang paling kaya saat ini? Tentu tidak. Jeff Bezos menjalani lika-liku usaha yang panjang sebelum menjadi entrepreneur sukses.

Menurut Forbes, Jeff Bezos memiliki kekayaan bersih dengan nilai sekitar 112 miliar USD pada tahun 2018 kemarin.

Kekayaan dari Jeff  Bezos ini pada awalnya terbentuk dari suksesnya Jeff Bezos menggulirkan Amazon dan kemudian berkembang ke berbagai bidang.

Perusahaan Amazon merupakan bentuk dari hobi dan passion Jeff Bezos dalam mengaplikasikan pengetahuan di bidang Computer Science yang didapat dengan Summa Cum Laude dari Princeton. Jeff  Bezos suka menerapkan pengetahuan terkait komputer menjadi bagian usaha yang ingin dicoba oleh Jeff  Bezos secara langsung.

Passion dari Jeff  Bezos ini tidak hanya di bidang komputer. Sewaktu kuliah, Jeff Bezos juga pernah menjabat menjadi Presiden dari organisasi Students for the Exploration and Development of Space di Princenton. 

Tidak heran dengan pengetahun dan ketertarikan terhadap teknologi ditambah dengan kekayaan yang besar terlahir juga suatu bidang usaha yang mencerminkan ketertarikan dari Jeff  Bezos ini terhadap eksplorasi luar angkasa.

Jeff  Bezos menggagas Blue Origin yang saat ini juga tumbuh besar dengan konsep menarik untuk menjelajahi luar angkasa dengan lebih optimal dan efisien.


Jeff Bezos memulai kekayaan besarnya dari Amazon yang dimulai didalam garasi yang kemudian dipindah ke ruangan apartemen kecil dengan meminta ujicoba terhadap 300 orang temannya sebelum Amazon diluncurkan pada Juli 1995.

Setelah peluncuran pertamanya, perkembangan Amazon jauh diluar dugaan pendiri dan tim Amazon. Tanpa promosi dan press release Amazon meluncur cepat dengan penjualan ke 45 negara dalam 30 hari. Dalam dua bulan pertama penjualan buku mingguan mencapai 20 ribu USD.

Pada tahun 1998 Jeff Bezos mencoba strategi baru dengan mulai juga memperkenalkan penjualan barang lain dan kemudian menjadi besar bahkan jauh lebih besar dari penjual retail fisik barang di Amerika.

Amazon di Amerika dalam berjualan retail bersaing dan memperlihatkan kemenangan bersaing berhadapan dengan WalMart yang lebih dulu besar. 

Amazon secara aplikasi saat ini bersaing dengan ketat dengan produk Google dalam persaingan perangkat utilitas dan layanan pintar melalui internet.

Amazon secara perdagangan bersaing sengit dengan Alibaba, pangsa pasar retail global dipegang Alibaba tetapi pangsa pasar retail Amerika yang besar dipegang Amazon.

Apa pendapat Jeff Bezos terkait mencoba membuat usaha dan bisnis? Sederhana, Jeff Bezos menyebutkan bahwa anda harus mencobanya.