MEMPERBAIKI SATELIT JAUH DIATAS SANA?

MEMPERBAIKI SATELIT JAUH DIATAS SANA?

15 Jan 2019

SATELIT PALAPA suatu saat akan rusak atau akan habis bahan bakarnya. Demikian juga dengan satelit baru seperti Satelit Telkom 3S, suatu saat akan memiliki masalah atau sudah ketinggalan jaman.


Bahan bakar satelit berguna untuk menjaga satelit tetap pada arah dan area kerja yang diharapkan, jika gravitasi menarik atau mendorong benda ini jauh maka bahan bakar akan diperlukan. Jika bahan bakar habis maka satelit akan terlunta-lunta dan tidak jelas area cakupan kerjanya.

Satelit memang sangat rentan dan dapat rusak karena berbagai hal, badai matahari, terkena objek kecil lain (space junkies) yang bergerak cepat di luar sana dapat membuat satelit rusak.

Maxar Technologies Inc. suatu perusahaan teknologi, global technology innovator, baru saja merasakan resiko kerusakan satelit yang dimilikinya.

Satelit itu bernama WorldView-4 Satellite dan diprediksi bahwa satelit ini mengalami kerusakan di bagian kontrolnya (a failure in its control moment gyros - CMG), sudah tentu satelit tidak bisa bergerak sesuai harapan dan merusak kinerja satelit ini tidak dapat dipakai lagi saat ini.

Maxar Technologies sudah mencoba berbagai hal untuk memperbaiki satelit ini dan sejauh ini tidak berhasil, kesimpulan saat ini untuk memperbaiki satelit adalah dengan memperbaiki diatas sana dengan wahana yang tersedia.

ISS memiliki peralatan tangan robot panjang dan disana ada beberapa orang mumpuni dan tangkas yang mungkin dapat memperbaiki satelit.



Mungkin ini bisnis baru, memperbaiki satelit di luar angkasa.