MERUBAH TIDAKBERUNTUNG MENJADI KEUNTUNGAN -->

MERUBAH TIDAKBERUNTUNG MENJADI KEUNTUNGAN

21 Jan 2019

KISAH lucu, cerdik dan menarik ini berasal dari Cina diceritakan oleh seorang rekan.  Kisah bercerita tentang seorang gadis cantik dan miskin tentu dengan orang tua miskin banyak utang.

Gadis cantik itu sebut saja dengan Mey dimana orang tuanya Mey berhutang besar kepada seorang tuan tanah.

Bisa ditebak, tuan tanah meminta bayaran dan datang dengan tawaran kedua. Tuan tanah menawarkan agar diperbolehkan mempersunting putrinya dan utang akan dihapus.

Agar terlihat adil, tuan tanah tersebut meminta sang gadis memilih dengan mengambil batu yang dipersiapkan oleh tuan tanah.

Kondisi 1, jika Mey mengambil batu hitam maka utang lunas kinclong dan Mey menikah menjadi istri sang tuan tanah.

Kondisi 2, jika Mey mengambil batu putih, utang menjadi nol dan Mey tidak usah menikah dengan tuan tanah.

Kondisi 3, jika Mey mendapat batu hitam tidak mau menikah maka Mey  akan dipenjara.

Batu akan disimpan dalam kantong tertutup berisi hitam dan putih, satu banding satu. Secara kebetulan Mey melihat tuan tanah mengambil dua batu hitam dari atas tanah kedalam saku baju untuk dipilih Mey.

Batu yang masuk ke kantong baju tuan tanah hanya hitam saja, tidak ada batu putih yang diambil. Dua batu di dalam kantong hanya hitam dan hitam.


Mey mengetahui bahwa kesempatannya baginya sempit berhadapan dengan orang licik dan dia harus berpikir keras lagi. Mey diminta mengambil batu oleh tuan tanah tersebut.

Mey mengambil batu dari saku tuan tanah dan dengan gagah berani Mei mengeluarkan batu dari saku tuan tanah,….. dengan cepat dan karena penuh semangat,…. batu secara cepat terjatuh ke atas tanah bercampur dengan batu hitam dan batu putih yang berserakan di tanah.

Mey meminta maaf atas keteledoran dan Mey dengan gagah mengumumkan apapun batu yang ada di saku tuan tanah maka batu warna sebaliknya yang diambil (batu yang terjatuh ada warna batu yang tidak ada di saku celana).

Tuan tanah melihat pengumuman itu terkejut.

Tuan tanah secara cepat mengumumkan bahwa dia memaafkan dan menghapus hutang keluarga Mey.