REVENUE GAME 43.8 MILYAR USD VS FILM 41.7 MILIAR USD -->

REVENUE GAME 43.8 MILYAR USD VS FILM 41.7 MILIAR USD

23 Jan 2019

GAME adalah industri yang sangat besar dan sebetulnya lebih besar dari putaran uang bisnis film (box office). Tidak terlalu disadari bahwa dunia game sangat besar.

Game tidak seperti film yang banyak beririsan dengan kehidupan nyata, pemain game dan gambaran game sering kali imajiner. Film berbeda, pemain film, lokasi dan sering kali cerita film seolah beririsan dan bertemu dengan dunia nyata.


Perbedaan lain yang besar antara di dunia game dan dunia film adalah pertumbuhan revenue (pendapatan) dan penggunaanya, sedangkan untuk dunia film (box office) pertumbuhan tidak seperti pertumbuhan dunia game.

Untuk perputaran uang di dunia game bisa didapat dari  Entertainment Software Association  yang baru saja mengeluarkan data terakhir tahun 2018.

U.S. Video Game Industry Revenue (billion) 2018 2017 Growth Percentage
Hardware, including peripherals $7.50 $6.50 15%
Software, including in-game purchases and subscriptions $35.80 $30.40 18%
Total: $43.40 $36.90 18%


Jumlah pertumbuhan perputaran uang di dunia game bisa disebut sekitar 18% dari total sekitar 36.9 miliar USD menjadi sekitar 43.4 miliar USD.

There are 150 million Americans who play video games, making the U.S. video game industry one of the nation’s fastest growing economic sectors. The industry provides more than 220,000 jobs in communities across all 50 states, and more than 500 colleges and universities across 46 states offer programs or degrees related to video games.

Dunia game di Amerika diperkirakan menyerap tenaga kerja hingga mencapai 220 ribu orang terserap disini. Jumlah yang sangat besar serta melibatkan berbagai komunitas.

Berbeda dengan dunia film yang cenderung memang sudah besar tetapi pertumbuhan tidak seperti dunia game.

As 2018 draws to a close, comScore is estimating that worldwide box office will hit a record $41.7B. That would rep a 2.7% upwards shift from last year’s $40.6B and mark only the second time ever that it’s cracked $40B. This year’s growth is largely driven by domestic which is eyeing a benchmark $11.9B, a 7% increase on 2017, while international box office is also up, though by just 1%, to $29.8B.

Deadline Hollywood menyebutkan bahwa dunia film hanya tumbuh sebesar 2.7% dari angka revenue sekitar 40.6 miliar USD menjadi hanya 41.7 miliar USD. Untuk pertumbuhan revenue tingkat global juga hanya terjadi penambahan sekitar 1%, sangat kecil.

Makna dari pertumbuhan terutama game versus film akan bisa kita tarik kesimpulan bahwa hiburan orang sekarang mulai bergeser ke dunia game

Film masih menjadi pilihan untuk entertainment dan bersantai tetapi game sangat tumbuh pesat (bagi setiap umur).

Terlihat dari pertumbuhan belanja publik untuk hiburan game baik untuk alat (peripherals) dan juga tingkat pembelanjaan untuk software meningkat tajam.