RIPPLENET AKAN MENGUASAI DUNIA

RIPPLENET AKAN MENGUASAI DUNIA

23 Jan 2019

RIPPLENET secara perlahan dari tahun 2015 bergerak untuk mulai menguasai dunia dari sistem perbankan kuno yang saat ini masih dipakai.


Dalam release update terakhir dari perusahaan baru bernama Ripple ini disebutkan bahwa saat ini sudah ada 200 pengguna yang menerima RippleNet. Meluasnya dan semakin banyak penggunaan sistem dari Ripple ini bisa merubah sistem saat ini yang juga anda pergunakan.

Ripple, provider of leading enterprise blockchain solutions for payments, announced today that 13 new financial institutions have signed up for the company’s payment network, RippleNet. The companies include Euro Exim Bank, SendFriend, JNFX, FTCS, Ahli Bank of Kuwait, Transpaygo, BFC Bahrain, ConnectPay, GMT, WorldCom Finance, Olympia Trust Company, Pontual/USEND and Rendimento. With these additions, there are now more than 200 customers signed up for RippleNet.

Saat ini terjadi penambahan pengguna RippleNet yang merupakan perusahaan besar seperti Euro Exim Bank, SendFriend, JNFX, FTCS, Ahli Bank of Kuwait, Transpaygo, BFC Bahrain, ConnectPay, GMT, WorldCom Finance, Olympia Trust Company, Pontual/USEND dan Rendimento.

Sebelumnya juga beberapa bank besar di Amerika dan Eropa sudah bergabung untuk menggunakan jasa layanan ini.

RippleNet memberikan kemudahan jika dibanding sistem saat ini yang mengunakan SWIFT (The Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) dan IBAN (The International Bank Account Number). Kedua identifikasi tersebut sangat terasa jika anda mengirim uang ke luar negeri.

SWIFT pada prinsipnya merupakan alat identifikasi pada bank secara internasional dan IBAN pada prinsipnya adalah alat identifikasi untuk orang terhadap nomor rekeningnya secara internasional. SWIFT dan IBAN ini akan membuat nomor rekening anda beda (tidak mungkin ada nomor identifikasi yang sama di seluruh dunia) dan hal ini akan membantu jika ingin mengirimkan uang antar rekening satu dan lain.

Berbeda dengan RippleNet, pada prinsipnya Ripple menggunakan sitem Blockchain dan menerapkan sistem IOU (I Owe You), sistem ini menggunakan sistem identifikasi permintaan pemintahan uang pada harga yang disetujui (harga yang sama dengan harga jual beli uang tersebut di dunia maya dan dunia nyata - seperti penukaran uang exchange yang cepat secara digital).

Sistem Blokchain pada RippleNet menggunakan Ripple yang prinsip dasarnya mirip dengan Bitcoin menggunakan verifikasi konsensus Blokchain. Cara kerja Ripple (seperti juga Stellar Lumen) pelu pembahasan khusus dan menarik karena sistem ini handal dan aman mirip seperti Bitcoin.

Using XRP for liquidity when sending a cross-border payment helps financial institutions avoid the hassle of pre-funding accounts in destination currencies. It allows them to make faster, lower cost payments than they can through the traditional correspondent banking system.

Penggunaan Ripple ini karena dilakukan dengan Exchange secara digital maka akan lebih cepat dan mudah bagi pengguna untuk mengirimkan uang antar batas negara.