SUPERMOON, DENGAN KEKUATAN BULAN -->

SUPERMOON, DENGAN KEKUATAN BULAN

21 Jan 2019

SUPERMOON akan terlihat malam ini di Amerika (bisa disebut saat ini di Jakarta). Hanya saja Supermoon ini hanya bisa dilihat di sekitar bumi belahan utara dan benua Amerika.


Apa itu Supermoon?
Supermoon adalah kejadian dimana lokasi bulan sangat dekat dengan Bumi (jarak paling dekat di titik apogee). Pada titik terdekat ini maka jarak bulan ke bumi sekitar 225,744 mil atau sekitar 363,300 kilometer. Titik terdekat dan terjauh bulan ke bumi sekitar 30,000 mil (50,000 km). Pada kondisi ini bulan akan terlihat lebih besar dari keadaan biasanya karena jarak lebih dekat.

Supermoon ini tidak ada hubungan dengan kekuatan gaib seperti dari Sailormoon atau serigala, supermoon ini disebut demikian karena bulan memang terlihat lebih super dibanding sebelumnya  (sekitar 14% lebih besar dan sekitar 30% lebih terang).

Kapan Supermoon terjadi?
Supermoon terjadi karena bulan berada di belakang bumi (posisi urutan objek Matahari - Bumi - Bulan). Pada saat posisi ini terjadi maka bulan tidak mendapat sinar langsung dari Matahari tetapi mendapat sinar dari bayangan bumi sehingga bisa berwarna cenderung mirip ke arah warna merah/jingga.


Pada saat matahari tegak dari bumi maka atmosfer melakukan filter terhadap sinar matahari, filter yang terjadi tidak sebanyak jika matahari terbit atau terbenam. Saat matahari terbenam atau terbit maka sinar matahari harus melalui atmosfer yang lebih tebal. Saat atmosfer tebal melakukan filter terhadap sinar matahari maka yang keluar warna merah atau jingga. Karena hal yang sejeni juga maka Supermoon dapat terlihat merah atau jingga.

Jika bulan masuk area bayangan bumi maka bayangan yang mana?
Bayangan bumi bagi bulan ada dua (2) yaitu Umbra dan Penumbra. Umbra adalah area yang ditengah yang paling gelap (semua gambar diambil dari situs NASA).


Waktu Supermoon kapan?
Untuk benua Amerika (jika berpatokan east time - ET) maka saat ini gerhana sedang mulai terjadi dan akan berakhir dalam beberapa saat kedepan karena perbedaan ET dan WIB (Waktu di Jakarta) sekitar tepat 12 jam.

21:36 malam ini ET: bulan mulai masuk area penumbra;
22:33 malam ini ET: bulan mulai masuk umbra.
23:41 malam ini ET: bulan sepenuhnya berada di area umbra.
00:43 dini hari ET: bulan meninggalkan area umbra.
01:50 dini hari ET: bulan sepenuhnya di luar umbra.
02:48 dini hari ET: bulan sudah keluar dari penumbra. Selesai, waktunya tahajud!