TEST POMPA TERBESAR MILIK NASA UNTUK PELUNCURAN ROKET

TEST POMPA TERBESAR MILIK NASA UNTUK PELUNCURAN ROKET

8 Jan 2019

AIR merupakan lawan alami dari api, air juga yang sebetulnya menjadi bahan yang termasuk paling penting bagi peluncuran roket.

Sudah tentu bahan bakar, manusia dan kondisi cuaca yang bersahabat termasuk bagian terpenting dari peluncuran roket. Air secara diam-diam dan tidak terlihat kasat mata sewaktu peluncuran roket, ternyata adalah bagian yang sangat penting dari peluncuran roket.

Dimana posisi penting air? Apakah memang sewaktu peluncuran roket air terlibat dan dimana buktinya karena tidak terlihat? Secara diam-diam terlibat, hanya saja tidak terlihat karena menguap.


Anda bayangkan peluncuran roket dimana mulai terjadi lift off, pada saat itu ignition dilakukan dan api membesar mulai mengangkat roket.


(Semburan) Api mendorong roket. Semburan api ini sebetulnya bisa berbalik ke bagian bawah roket, panas dari api ini berbahaya bagi material roket.

Semburan api kecepatan tinggi ini juga berarti gelombang akustik yang sangat kuat, berdiri di dekat speaker bass sudah cukup bermasalah dan guncangan akustik ditambah balikan semburan api kecepatan tinggi adalah energi yang super besar.

Roket terbesar dari SpaceX yaitu Falcon Heavy direncanakan akan diluncurkan di tempat ini dan diperkirakan akan memiliki energi lepas yang sangat besar. Falcon Heavy karenanya  dipertimbangkan sebagai roket yang memiliki kemampuan angkut terbesar di dunia sekarang.

Apa yang bisa menghentikan semburan api panas yang berbalik ke arah roket dan gelombang energi akustik yang kuat? Air adalah jawaban terbaik untuk meredam dan menyerap energi ini.

Sewaktu roket mengeluarkan semburan api yang kuat maka air meredam energi ini dan air menguap, hal itu juga yang membuat peluncuran roket disertai asap putih besar dan kadang menjadi pemandangan peluncuran roket menjadi lebih indah.

Api yang keluar dari roket sangat besar bagaimana air meredam dengan cepat api sebesar itu? Sudah tentu air yang keluar untuk meredam juga harus besar volumenya dan harus cepat melakukan respon untuk meredam.

NASA membuat suatu sistem pompa yang responsif dan skalanya sangat masif. Sekitar 450 ribu galon atau sekitar 1.7 juta liter air dipompa dalam waktu sekitar 1 menit.



Anda benar, video ini pernah dipakai dalams uatu video klip oleh seorang penyanyi. Pompa besar mendorong air yang banyak, penyanyi itu juga sependapat dengan anda bahwa ini indah.

Sistem ini disebut oleh NASA sebagai Ignition Overpressure Protection and Sound Suppression (IOP/SS) yang dipasang di Kennedy Space Center pada posisi peluncuran di Launch Pad 39B.

Rencananya Launch Pad 39B ini akan dipakai untuk percobaan peluncuran roket tanpa awak dengan kapasitas penuh pada sekitar Juni 2020 kelak.

Anda harus sabar untuk melihat percobaan ini. Anda harus sabar juga menunggu peluncuran ke Mars yang disertai awak manusia.