UNIV CAMBRIDGE DAN OXFORD UJI COBA MONSTER WAVE DI DUNIA NYATA -->

UNIV CAMBRIDGE DAN OXFORD UJI COBA MONSTER WAVE DI DUNIA NYATA

23 Jan 2019

MONSTER WAVE atau Freak Wave adalah gelombang yang sangat besar berbeda dengan gelombang yang terjadi pada kondisi sekitarnya datang tiba-tiba tanpa peringatan atau pertanda khusus.

Dalam film Perfect Storm digambarkan bahwa gelombang ini tinggi hingga menelan kapal yang berlayar. Sebetulnya memang Monster Wave ini bisa terjadi dalam kehidupan nyata.


Monster Wave ini tidak hanya terjadi di dalam film, dokumentasi pada dunia nyata terjadi dan terekam menjadi sejarah.

Dalam sejarah seni Jepang terkenal adanya karya seni bernama The Great Wave off Kanagawa yang dibuat oleh Katsushika Hokusai (Jepang 1760–1849 Tokyo - Edo).


Gambaran terkait gelombang ini mencerminkan gelombang di laut yang sangat besar dan tinggi seolah lebih tinggi dan lebih besar dari Gunung Fuji dan melahap manusia dengan perahu besarnya secara mudah.

Tidak hanya catatan sejarah masa lalu, pada tahun 1995 terjadi fenomena sejenis pada platform Draupner. Platform ini terletak sekitar 160 km dari pantai Norwegia berbatasan dengan area Skotlandia.

Platform ini secara mengejutkan merekam kejadian bahwa Monster Wave benar terjadi di dunia nyata sehingga membuat para engineer dan scientist kaget dengan fenomena ini.

Gelombang yang terjadi dan juga gelombang di laut lepas yang besar kemudian selalu disebut dengan Draupner Monster Wave atau Draupner Wave.



Para ahli laut saat ini menggunakan model matematik dan sifat air secara umum yang membuat persamaan matematika saat ini tidak dapat menggambarkan bagaimana suatu gelombang yang sangat besar/tinggi dengan kecepatan berjalan yang tinggi dapat tercipta.

Gelombang besar pada suatu ketika harus pecah karena air tidak dapat bergerak dengan cepat. Model matematika ini secara umum menggambarkan bahwa air tidak dapat berikatan membentuk gelombang tinggi pada kondisi kecepatan dan arah tertentu.

Para ahli sangat tertarik dengan Draupner Wave karena gelombang ini bisa terjadi dimana saja dan ada baiknya diperkirakan untuk keselamatan bangunan laut atau pelayaran.

Para ahli dari Universities of Oxford dan Edinburgh bekerja sama berusaha memahami seperti apa gelombang ini terjadi dan bagaimana cara prediksinya.

Para ahli ini secara umum berhasil membuat simulasi kenapa gelombang besar seperti Freak Wave bisa terjadi. Pembentukan gelombang aneh ini hanya bisa terjadi pada arah dan pertemuan geombang kecil dengan syarat tertentu. Jika syarat arah gelombang dan tingginya tercapai maka Freak Wave bisa muncul mendadak.



Jika anda tertarik untuk menjadi ahli gelombang air laut dan ingin memecahkan teka-teki ini ada baiknya anda unduh link paper baru yang akan diluncurkan awal bulan depan (Volume 860 10 February 2019 , pp. 767-786), pada deskripsi abstrak paper terkait pada bagian selanjutnya dibawah.


Laboratory recreation of the Draupner wave and the role of breaking in crossing seas

Freak or rogue waves are so called because of their unexpectedly large size relative to the population of smaller waves in which they occur. The 25.6 m high Draupner wave, observed in a sea state with a significant wave height of 12 m, was one of the first confirmed field measurements of a freak wave. The physical mechanisms that give rise to freak waves such as the Draupner wave are still contentious. Through physical experiments carried out in a circular wave tank, we attempt to recreate the freak wave measured at the Draupner platform and gain an understanding of the directional conditions capable of supporting such a large and steep wave. Herein, we recreate the full scaled crest amplitude and profile of the Draupner wave, including bound set-up. We find that the onset and type of wave breaking play a significant role and differ significantly for crossing and non-crossing waves. Crucially, breaking becomes less crest-amplitude limiting for sufficiently large crossing angles and involves the formation of near-vertical jets. In our experiments, we were only able to reproduce the scaled crest and total wave height of the wave measured at the Draupner platform for conditions where two wave systems cross at a large angle.