WASPADA, FORKING ETHEREUM DI 2019

WASPADA, FORKING ETHEREUM DI 2019

4 Jan 2019


ETHEREUM ATAU DISINGKAT ETH, dalam beberapa hari terakhir mengalami kenaikan harga sesuai dengan prediksi ETH yang diposting disini dan sejalan dengan kenaikan harga Bitcoin sesuai posing disini.

Apa yang memicu? Apakah memang oversold atau ada penyebab lain? Bagaimana dengan wave apakah memang wave berikutnya naik? Untuk penyebab secara TA atau Technical Analysis dibahas dalam posting pada link sebelumnya, untuk posting ini akan membahas forking yang akan diterapkan pada ETH.


Secara umum jika terjadi hardfork maka uang kripto atau cryptocurrency mengalami perubahan bahasa program dan ini akan membuat (data) uang dengan bahasa program lama akan terpisah dengan uang (mata rantai data) yang baru. Mata rantai pada uang kripto ini disebut dengan blockchain (dapat dibaca disini).
Reminder:
Deskripsi pada posting ini tidak bermaksud membuat atau mengajak anda berinvestasi dan mempertaruhkan harta yang anda miliki ke dunia cryptocurrencies. Melakukan investasi beresiko dan anda yang harus menanggungnya. 

Deskripsi ini hanya untuk edukasi, anda harus berhati-hati dengan penggunaan sumber daya anda (baik waktu, tenaga dan peralatan) bisa jadi yang anda dapt dibawah dari keuntungan sehingga anda tidak untung (malah rugi).  Technical Analysis pada posting ini hanya sharing semata dan tidak ada jaminan presisi dan kemungkinan bisa jauh berbeda.
Uang kripto yang mengalami forking akhirnya menjadi 2 mata uang kripto yang berbeda dan bisa memiliki nilai tinggi. Setiap dari mata uang ini memiliki tingkat teknologi tersendiri dan memiliki harga masing-masing berbeda pada akhirnya. 

Hardforking pernah terjadi ke Bitcoin dimana pada saat itu Bitcoin menjadi Bitcoin dan menjadi Bitcoin Cash. Bitcoin Cash sendiri pernah forking menjadi Bitcoin Cash dan menjadi Bitcoin SV.

Hardforking pada prinsipnya seperti merubah file lama menjadi file baru dan mirip tetapi isi didalam (baik program, data atau cara penyimpanan berbeda), seperti menyimpan file excel atau msword menjadi save as dalam versi baru atau berbeda. 

Pada pertengahan tahun 2018, sekitar Juni hingga Agustus 2018 ETH sudah dicoba untuk hardforking dengan kode Konstantinopel. 

Dalam kode baru Konstantinopel diusulkan agar proses Transaksi atau Tx dilakukan dengan lebih cepat dan dengan fee (jauh) lebih rendah. Untuk memulai proses forking baru sebelumnya pada September 2018 sudah diterapkan sof-forking dengan menambah kode baru dengan nama Byzantium dan berhasil.

Menurut salah satu developernya, Hudson Jameson, sepertinya forking tidak bisa dilakukan secepatnya terutama saat ini.

“We’re not going to be able to decide this part today,” Hudson Jameson, moderator of the discussion, concluded.

Prediksinya ada kemungkinan akhir Januari ini mulai diterapkan dan dimulailah hype harga rally dan bisa jadi ini juga yang memicu bahwa ETH naik dengan yakin saat ini.

Cuplikan berita di bawah juga gosip, cryptoland banyak kemungkinan dan banyak berita. Salah satu gosip yang kami anggap kuat adalah pada bagian bawah, tentu tidak ada jaminan.


Upcoming ETH HardFork:

📌 11.01.2019: 
All Ethereum holders will receive 3 ETCV for each ETH in their wallets.

📌 12.01.2019:
 Each ETH holder receives ETN in the ratio of 1:1 for free.

📌Constantinople Fork:
 16.01.2019 Constantinople Mainnet hard fork scheduled for block 7080000.
The Constantinople Mainnet hard fork is arguably the most significant fork because it is a big component of Ethereum’s transition from using a proof of work protocol to proof of stake.

P.S- got from one group..