Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

Breaking News:

latest

ANIMASI BERTEMU CONE DAN BULU SERIGALA

CONE DAN BULU SERIGALA disini adalah objek astronomi nun jauh disana yang merupakan gabungan dari berbagai nebula, bintang dan galaksi. Bu...

CONE DAN BULU SERIGALA disini adalah objek astronomi nun jauh disana yang merupakan gabungan dari berbagai nebula, bintang dan galaksi. Bulu Serigala disini juga adalah bentukan gugus nebula yang terlihat seakan mirip (kepala) dengan bulu serigala (Fox Fur).


Pada foto tersebut terlihat ada bagian asap yang berbentuk seperti cone (pada pojok sebelah kiri tengah) dan merupakan terdiri dari berbagai nebula yang berlainan jarak.


Foto dari nebula yang mencontek bentuk es-krim cone ini kemudian disebut sebagai nebula cone ditangkap oleh Advanced Camera for Surveys (ACS) yang terpasang di teleskop Hubble. Nebula Cone terkadang disebut juga dengan kode NGC 2264.

Bagian atas dari awan gambar diatas terletak sekitar 2.5 tahun cahaya dari bagian bawah nebula tersebut, 2.5 tahun cahaya sekitar 23 juta kali jarak dari Bumi ke Bulan. Jika penasaran seperti apa NASA mencoba memperkirakan ukuran atau jarak, maka sebaiknya melihat situs NASA Hubble yang mencoba mencari ukuran Nebula ini pada link disini.

Panjang dari nebula ini sekitar 7 cahaya dan nebula cone ini sendiri terletak sekitar 2,500 tahun cahaya dari Bumi, terletak di constellation Monoceros.

Cone Nebula sendiri jika dilihat dari jarak, bentuk dan penampilannya bisa ditebak merupakan sepupu jauh dari M16 si Pilar Monster.

Foto dari Cone NGC 2264 ini terlihat indah berwarna-warni sebetulnya hasil karya pendekatan dengan teknologi tinggi seperti juga pada foto NASA lainnya seperti yang dilakukan oleh Thomas Appéré juga dalam situs ini.

Khusus untuk foto Cone NGC 2264 ini dibuat tahun 2002 oleh ACS merupakan hasil konstruksi dari tiga input yang terdiri dari citra biru oleh ACS, citra near-infrared dan juga menggunakan hydrogen-alpha filters.


Informasi lebih lanjut dari Bulu Serigala dan Cone NGC 2264 ada di situs Hubble NASA di lnik berikut disini.