BEPERGIAN DENGAN MOBIL BOAT MELAYANG DIATAS AIR

BEPERGIAN DENGAN MOBIL BOAT MELAYANG DIATAS AIR

18 Feb 2019

HIDROFOIL menjadi fenomena menarik dan diterapkan dengan nyaman pada mobil boat bernama SeaBubbles. Bentuk dari SeaBubbles ini mungkin memang pada prinsipnya mobil yang berguna menjadi boat.


SeaBubbles ini dapat meluncur halus diatas air menggunakan prinsip hidrofoil (atau Hydrofoil atau semacam hydroplanning yang ditunggangi).

Mobil boat ini dapat meluncur diatas air karena terangkat dari air karena bilah sayap yang terbenam di dalam air mendapat laju.


(Note: foto diambil dari Wikipedia)

Kejadian terangkatnya sayap didalam air bagi Mobil Boat seperti terangkatnya sayap pesawat di udara karena perbedaan tekanan udara antara bagian atas dan bawah sayap.

Laju yang dihasilkan akan membuat sirip cenderung terangkat, sirip ini membentuk aerofoil seperti sayap pesawat terbang.

Pada bagian sayap pesawat,  dengan adanya aliran udara dengan kecepatan tinggi yang melewati bagian atas dan bagian bawah sayap maka akan terjadi perbedaan tekanan.

Aerofoil membentuk bagian sayap sisi atas akan lebih tebal dibanding bagian sayap sisi bawah, hal ini menciptakan aliran udara yang terjadi pada sisi atas sayap menjadi memiliki tekanan udara lebih kecil dibanding tekanan udara dibawahnya.

Karena bagian bawah sayap memiliki tekanan lebih besar maka sayap akan tertekan keatas dan membuat sayap terangkat.

Demikian juga yang terjadi dengan aerofoil di dalam air. Bilah bagian bawah seolah lebih besar tekanannya dibanding bilang atasnya dan membuat sayap terangkat.

Hal yang sama diterapkan juga pada Manta - Sepeda Gowes di air. Perbedaanya adalah bahwa Manta menggunakan manusia sebagai sumber gerak dan Mobil Boat mendapat alat gerak dari mesin.


Mobil boat terbang ini menggunakan batre (listrik) untuk sumber bagi pergerakan baling-baling yang dipasang di dalam air.

SeaBubbles didirikan sekitar 3 tahun lalu oleh seorang bekas pilot pesawat air bernama Alain Thébault bersama Anders Bringdal di Paris.

 
Dengan penerapan gaya gesek yang lebih kecil dibanding boat biasa dan menggunakan listrik, terindikasi bisa menghemat hingga sekitar 10% (estimasi di Perancis menurut penggagas mobil boat ini penggunaan boat sekitar biaya diatas 100 USD dapat dihemat menjadi sekitar 2 USD).

SeaBubbles dapat berjalan sektiar 12 km/jam (atau sekitar 75. knot) dan cukup cepat bagi kendaraan berukuran boat di laut. Rencananya bahkan mobil ini bisa lari hingga 20 knot (bisa disebut sangat cepat bagi ukuran boat).

Jika tertarik memesan maka sebaiknya berkunjung ke situs SeaBubbles.