CARA MENGUNDUH DATA SATELITE CINA DI RUMAH & 'MENCURI FOTO LUAR ANGKASA'

CARA MENGUNDUH DATA SATELITE CINA DI RUMAH & 'MENCURI FOTO LUAR ANGKASA'

6 Feb 2019

SATELITE CINA yang melakukan orbit mengelilingi bumi dan bergerak di sekitar Bulan ternyata mengeluarkan sinyal yang dapat diunduh setiap orang datanya.



Satelit ini bernama Chinese DSLWP-B / Longjiang-2 satellite (call sign BJ1SN), kebetulan saat ini berada di bagian belakang bulan yang merupakan sisi yang secara normal tidak dapat dilihat oleh manusia di Bumi.

Satelit ini baru saja berbagi foto yang cantik dengan latar belakang Bumi tempat kita berada. Bulan terlihat lebih besar didalam foto ini.



Seorang amatir bernama Tammo Jan Dijkemamenangkap sinyal tersebut dan mencoba menerjemahkan data yang ditangkap dari satelit Cina dan hasilnya bagian yang tidak biasa dilihat orang, Bumi terbit dari Bulan.


Gambar dari potongan bulan dan informasi terkait radio yang dipakai dapat dilihat dari situs Blog yang dimiliki oleh Tammo Jan Dickema pada alamat disini.

Foto yang ditangkap adalah foto yang dihasilkan oleh Longjiang-2 satellite yang mana sudah bertugas disana dari semenjak Juni 2018 untuk membantu wahana baru Cina mendarat dibagian belakang bulan.

Satelit kecil tersebut menemani satelit lain bernama Queqiao satellite. Satelit bernama Queqiao  ini yang detailnya membantu agar wahan Chang’e-4 mendarat dengan sukses.

Satelit dengan tugas utama membantu komunikasi Change'e - 4 ini yang berada di belakang Bulan secara tetap dan menangkap komunikasi dari wahana ini. Dari Queqiao kemudian komunikasi ditarik kearah Longjiang-2 untuk kemudian ke Bumi.

Longjiang-2 sebelumnya memang aktif mengirim foto ke Bumi melalui frekuensi radio terbuka yang dapat diakses publik. Sewaktu pendaratan Change'e - 4 sempat puasa fotografi agar fokus membantu pendaratan wahana baru ini. Saat ini wahana baru sudah dengan aman mendarat dan Longjiang-2 kembali aktif berbagi foto.

Untuk mencoba seperti apa antena yang diperlukan, pada frekuensi berapa, filter seperti apa dan koordinat kearah mana dapat dikunjungi situs LILACSAT pada link ini.

Banyak juga saat ini para amatir yang menangkap posisi satelit dan sinyal yang keluar dari satelit tersebut untuk diketahui datanya. Banyak data dari satelit khusus menggunakan metode enkripsi dan data seperti ini tidak dianjurkan untuk dicari.