GUNAKAN CERTIFIED WPA3 WIFI DI RUMAH ATAU CAFE

GUNAKAN CERTIFIED WPA3 WIFI DI RUMAH ATAU CAFE

4 Feb 2019

WIFI saat ini banyak masih menggunakan sistem proteksi sistem lama dan disebut dengan sistem proteksi WPA2. Pada masanya WPA2 memang cara pengamanan yang terbaik tetapi saat ini perlu sistem baru.

WiFi alliance mengeluarkan himbauan baru pada Juni 2018 bagi pengguna WiFi agar merubah menjadi model sertifikasi proteksi terbaru disebut dengan WPA3.


Pada proteksi sistem sebelumnya, WPA2 terbukti mudah disusupi oleh hacker. Jika menggunakan WiFi lama ini ada beberapa resiko yang biasanya mudah terjadi.

Proteksi terhadap Dictionary Attack sangat lemah, password dari sistem WiFi lama akan mudah diketahui oleh hacker dan selebihnya hacker dapat masuk ke sistem tersebut.

WPA2 juga tidak dapat melindungi anda dari akses hacker terhadap perangkat anda sebelum masuk ke jaringan internet (serangan hacker yang biasa disebut sebagai serangan man in the middle).

Perangkat yang dipakai terkoneksi ke WiFi akan memberikan identitas log in password atau data tertentu, perjalanan data ini ke perangkat WiFi tidak diproteksi dan terbuka. Jika ada hacker yang mengikuti pola data yang terjadi maka sangat besar kemungkinan bahwa data yang terjadi antara perangkat dan internet dapat terlihat.

WPA3 (melalui WiFi Alliance) memberikan sistem proteksi enkripsi antara perangkat ponsel atau laptop dengan WiFi sebelum masuk ke jaringan internet.

Cara perlindungan tersebut ditawarkan dalam perangkat menjadi 2 jenis. Jenis pertama untuk perorangan (praktis untuk dipakai di rumah - WPA3-Personal) dan yang berikutnya bagi perusahaan (WPA3-Enterprise).

WPA3-Personal: more resilient, password-based authentication even when users choose passwords that fall short of typical complexity recommendations. WPA3 leverages Simultaneous Authentication of Equals (SAE), a secure key establishment protocol between devices, to provide stronger protections for users against password guessing attempts by third parties.
WPA3-Enterprise: offers the equivalent of 192-bit cryptographic strength, providing additional protections for networks transmitting sensitive data, such as government or finance. The 192-bit security suite ensures a consistent combination of cryptographic tools are deployed across WPA3 networks.

Bagaimana membuat perangkat di rumah atau cafe yang saat ini menggunakan WPA2? Sejauh ini tidak ada cara yang praktis mudah dipakai untuk meng-upgrade WPA2 menjadi WPA3.

Salah satu cara yang praktis adalah membeli perangkat baru dengan sertifikasi WPA3 pada alat WiFI yang baru. Masih belum banyak yang menggunakan perangkat WPA2, sebaiknya berhati-hati di area publik dengan WiFi gratis.