JEMBATAN PELANGI, SEDERHANA DAN CANTIK

JEMBATAN PELANGI, SEDERHANA DAN CANTIK

9 Feb 2019

JEMBATAN PELANGI dengan nama asli Rainbow Bridge adalah bentangan beton terutama bagi pejalan kaki untuk menyeberangi jalan di Long Beach, California.


Jembatan ini dikonsepkan oleh perencana jembatan ini bukan hanya sebagai bentangan beton yang dipakai untuk berjalan dan berpindah menyeberang dari satu titik ke titik lain.

Bagian beton dari jembatan ini hampir sulit dilihat oleh pengguna jembatan karena bagian atas dan penutup jembatan menggunakan bagian logam dan lampu LED.

Bagian bawah jembatan juga sebetulnya berbentuk struktur cantilever dengan sosok beton besar di bagian kolom awal dan mengecil kebagian ujung sehingga bahan beton dan berat beton menjadi lebih optimal. Bentuk beton ini juga terlihat lebih enak dipandang.
 

Bagian atas dari jembatan menggunakan  hiasan berupa lampu LED yang menjadikan jembatan hemat dan cantik. Lampu LED ini terpasang diantara bagian sisi jembatan yang berfunsi menjadi dua hal, pembatas luar dan juga membuat dekorasi tambahan terutama di malam hari.
 

Pada saat siang hari, jembatan ini terlihat lapang dan enak untuk menjadi objek fotografi. Pada bagian pinggirnya, jembatan ini memiliki taman mini yang mempercantik bagian atasnya.


Jembatan ini menghubungkan dua gedung besa. Satu sisi terdapat conventional center dan sisi lain terdapat art center. Jembatan ini harus menghubungkan sisi budaya dan tantangan dari dua gedung besar tersebut.


Pada malam hari, 3500 lampu LED yang dipasang akan membuat pemandangan khusus bagi jembatan ini menjadi pelangi.


Canopy lampu LED ini sebetulnya adalah bentangan lampu LED yang nempel pada bagian tali baja penguat jembatan.

Sudah tentu lampu LED ini menjadi hiasan yang membuat jembatan menjadi semakin indah. Lampu LED ini juga menurut arsiteknya mudah untuk diganti jika terjadi kerusakan.


Arsitek dari jembatan ini bernamama SPF Archithect dan dapat dikunjungi di situs ini.